5 Negara Sekutu Terkuat Israel, dari Amerika Serikat hingga Polandia

Sabtu, 09 Desember 2023 - 14:42 WIB
loading...
5 Negara Sekutu Terkuat Israel, dari Amerika Serikat hingga Polandia
Israel memiliki 5 sekutu terkuat, yakni AS, Inggris, Prancis, Australia, dan Polandia. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima negara sekutu terkuat Israel jika dilihat dari kekuatan militer yang dimiliki. Kekuatan militer lima negara ini didasarkan pada data tahun 2023 dari situs Global Fire Power (GFP).

Perang antara Hamas dengan Israel sekarang ini telah membuat sejumlah negara sekutu Zionis menyatakan dukungannya terhadap Tel Aviv.

Dukungan dari beberapa negara tersebut diberikan karena menilai pihak Hamas yang menyulut konflik dengan menyerang Israel dalam serangan yang diberi nama Operasi Badai al-Aqsa pada 7 Oktober lalu.

Israel, yang mendapat banyak dukungan dari sejumlah negara kuat, lantas membalas serangan demi memburu Hamas meski telah menyebabkan banyaknya kematian warga sipil Palestina.

5 Negara Sekutu Terkuat Israel

1. Amerika Serikat


Amerika Serikat telah dikenal sebagai sekutu lama Israel. Negeri Paman Sam bahkan telah menjalin hubungan baik tersebut sejak kemerdekaan Israel di tahun 1948. Terlebih, Washington telah menganggap Hamas sebagai kelompok teroris yang berbahaya.

Untuk kekuatan militernya, AS menjadi negara sekutu terkuat Israel dengan menyandang predikat sebagai negara dengan kekuatan militer terbesar versi Global Fire Power tahun 2023.

Amerika memiliki total 1.390.000 personel militer yang disokong dengan persenjataan lengkap. Mereka juaga dibekali dengan 5.500 tank, lebih dari 2.330 artileri, dan 1.700 peluncur roket.

Angkatan Udara AS memiliki sekitar 1.500 jet tempur, 731 drone dan 983 helikopter serang. Sementara di Angkan Laut-nya memiliki 68 kapal selam, 92 kapal destroyer, 22 kapal korvet, dan 11 kapal induk.

2. Inggris


Sebagian besar negara Eropa juga dikenal menjadi sekutu Israel. Terutama Inggris yang dikenal sebagai negara penyedia tanah bagi Yahudi. Negeri Ratu Elizabeth ini juga memberi dukungannya pada Israel pada perang saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0834 seconds (0.1#10.140)