Terungkap, Pasukan Khusus Inggris Diam-diam Beroperasi di Ukraina

Jum'at, 08 Desember 2023 - 02:47 WIB
loading...
Terungkap, Pasukan Khusus Inggris Diam-diam Beroperasi di Ukraina
Pasukan khusus Inggris diam-diam beropersi di Ukraina bersama pasukan Kyiv pada hari-hari awal konflik dengan Rusia. Foto/army.mod.uk
A A A
WARSAWA - Pasukan khusus Inggris diam-diam beropersi di Ukraina bersama pasukan Kyiv pada hari-hari awal konflik dengan Rusia. Demikian pengungkapan Declassified UK pada hari Rabu, mengutip buku yang baru diterbitkan oleh jurnalis Polandia Zbigniew Parafianowicz.

Parafianowicz adalah koresponden Ukraina untuk harian Polandia; Dziennik Gazeta Prawna (DGP). Karya terbarunya, “Polska na Wojnie (Polandia dalam Perang)”, mengkaji peran Warsawa dalam konflik di negara tetangganya.

Mengutip laporan Declassified UK pada Kamis (7/12/2023), pada suatu saat, seorang menteri pemerintah Polandia–yang tidak disebutkan namanya–memberi tahu Parafianowicz tentang suatu waktu di bulan Maret 2022 ketika dia melakukan perjalanan dari Kyiv ke Zhitomir.



“Saat itu Rusia masih berdiri di Bucha, dan rutenya berada di zona abu-abu. Ada kemungkinan untuk bertemu dengan orang Rusia. Kami melewati pos pemeriksaan terakhir. Pihak Ukraina mengatakan kepada kami bahwa kami akan terus menanggung risikonya sendiri,” kata menteri yang tidak disebutkan namanya itu.

“Nah, siapa yang kita temui selanjutnya? Tentara Ukraina dan pasukan khusus Inggris. Berseragam. Dengan senjata.”

Menurut sumber yang dikutip Parafianowicz, pihak Inggris dan Ukraina bekerja sama, berkendara di sekitar pedesaan dengan radar pelacak artileri, “mempelajari tentang perang ini”.

Pejabat yang sama juga mengatakan bahwa pasukan khusus Polandia yang berbasis di Lublin telah berada di Brovary, pinggiran kota Kyiv, “pada hari pertama” terjadinya permusuhan.

Warga Polandia–bersama dengan warga Inggris dan Amerika Serikat–telah melatih pasukan khusus Ukraina sejak tahun 2014, kata menteri tersebut.

Menurut Parafianowicz, Special Air Service (SAS) Inggris juga telah melatih petugas keamanan Presiden Volodymyr Zelensky.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)