Joe Biden: Rusia Akan Menyerang NATO

Kamis, 07 Desember 2023 - 19:19 WIB
loading...
Joe Biden: Rusia Akan Menyerang NATO
Presiden AS Joe Biden mengeklaim Rusia akan menyerang NATO saat mendesak Kongres untuk mengesahkan paket keamanan nasional yang termasuk bantuan untuk Israel dan Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Rusia dapat melancarkan serangan terhadap NATO yang dapat memicu konflik global yang melibatkan pasukan Amerika. Hal itu diungkapkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden , sambil mendesak Kongres untuk meloloskan paket keamanan nasional senilai USD111 miliar.

RUU tersebut, yang didukung oleh Partai Demokrat, termasuk pendanaan untuk Ukraina, Israel dan Taiwan. Biden juga mengecam Partai Republik – yang menolak mendukung rancangan undang-undang tersebut karena perselisihan mengenai keamanan di perbatasan selatan AS – dengan mengklaim bahwa mereka “bersedia memberikan (Presiden Rusia Vladimir) Putin hadiah terbesar yang dapat ia harapkan.”

“Jika Putin mengambil alih Ukraina, dia tidak akan berhenti di situ,” ucap Biden.



“Jika Putin menyerang sekutu NATO…, kami telah berkomitmen sebagai anggota NATO bahwa kami akan mempertahankan setiap inci wilayah NATO,” katanya, menambahkan bahwa Washington ingin menghindari pertikaian semacam ini karena hal ini dapat mengakibatkan pasukan Amerika melawan pasukan Rusia seperti dikutip dari RT, Kamis (7/11/2023).

Namun, Partai Republik tetap tidak yakin dengan permohonan presiden. Mereka memblokir paket belanja di Senat AS, dengan hasil akhir 49 suara mendukung dan 51 menolak.

Tindakan pemberian bantuan tersebut ditentang oleh seluruh anggota parlemen dari Partai Republik, serta Senator independen Bernie Sanders, yang biasanya memberikan suaranya kepada Partai Demokrat, namun kali ini menyatakan kekhawatirannya mengenai strategi militer Israel dalam konflik dengan Hamas.

Pemimpin Mayoritas Senat Partai Demokrat Chuck Schumer juga memilih “tidak” agar memiliki kesempatan untuk memperkenalkan kembali paket tersebut nanti.



Duta Besar Moskow untuk Washington Anatoly Antonov, mengomentari pernyataan Biden tentang potensi bentrokan antara Rusia dan NATO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)