Juanita, Adik Fidel Castro yang Direkrut CIA, Meninggal di AS

Selasa, 05 Desember 2023 - 21:13 WIB
loading...
Juanita, Adik Fidel Castro yang Direkrut CIA, Meninggal di AS
Juanita, adik Fidel Castro yang direkrut CIA, meninggal dunia di AS. Foto/The New Yokr Times
A A A
WASHINGTON - Adik perempuan mantan pemimpin Kuba Fidel Castro dan salah satu pengkritiknya yang paling vokal, Juanita Castro, telah meninggal dunia di Miami, Amerika Serikat (AS) pada usia 90 tahun.

Jurnalis Maria Antonieta Collins, salah satu penulis memoar Juanita Castro, mengumumkan berita kematiannya di Instagram pada hari Senin waktu setempat.

Terjemahan postingannya, yang ditulis dalam bahasa Spanyol, berbunyi: "Ini adalah berita yang tidak pernah ingin saya sampaikan, tetapi, sebagai juru bicaranya dalam tiga dekade terakhir hidupnya, saya harus berkomunikasi."

“Hari ini, pada usia 90 tahun, Juanita Castro mendahului kita dalam jalan hidup dan mati, seorang wanita yang luar biasa, seorang pejuang yang tak kenal lelah demi perjuangan Kuba,” tulisnya seperti dilansir dari Newsweek, Selasa (5/12/2023).

Ia menambahkan bahwa keluarganya meminta privasi, dan tidak mau memberikan wawancara. Pemakamannya akan dilakukan secara pribadi.



“Kami mohon doanya untuk ketenangan abadi jiwanya,” tulis postingan tersebut.

Penyebab kematiannya belum dipublikasikan.

Juanita Castro adalah anak keempat dari tujuh bersaudara. Ia meninggalkan Kuba untuk menyeberang ke Florida pada tahun 1964 setelah menuduh saudara laki-lakinya mengubah pulau itu menjadi "penjara besar yang dikelilingi air". Dia kemudian bekerja dengan CIA, menggunakan nama sandi "Donna," untuk mencoba menjatuhkannya.

Fidel Castro, yang juga berusia 90 tahun ketika meninggal dunia pada bulan November 2016, adalah tokoh terkemuka abad ke-20 yang membantu membentuk politik Amerika setelah revolusioner Kuba membangun negara komunis di depan AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)