Mengenal Gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi yang Membuat Israel Ketakutan

Selasa, 05 Desember 2023 - 11:29 WIB
loading...
A A A

Dampak Buruk Gerakan BDS terhadap Ekonomi Israel


Gerakan BDS telah membantu meningkatkan kesadaran masyarakat internasional tentang pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Israel di Palestina. Hal ini telah mendorong beberapa perusahaan internasional untuk menarik investasinya dari Israel.

Misalnya, pada tahun 2015, perusahaan elektronik asal Swedia; Ericsson, mengumumkan bahwa mereka akan menarik investasinya dari perusahaan Israel; Elbit Systems, yang memproduksi peralatan militer untuk digunakan dalam pendudukan Israel di Palestina.

Gerakan BDS juga telah mendorong pemerintah-pemerintah di dunia untuk menerapkan sanksi terhadap Israel. Misalnya, pada tahun 2017, Dewan Eropa mengadopsi resolusi yang menyerukan boikot terhadap produk-produk Israel yang berasal dari wilayah pendudukan.

Pada tahun 2014, perusahaan perhiasan asal Israel; Ahava, mengumumkan bahwa mereka akan menutup pabriknya di Tepi Barat yang memproduksi produk-produk kecantikan. Hal ini disebabkan oleh boikot terhadap produk perusahaan tersebut oleh gerakan BDS.

Selain itu, gerakan BDS juga telah menyebabkan meningkatnya biaya operasional bagi perusahaan-perusahaan Israel. Misalnya, perusahaan-perusahaan Israel harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk memantau dan menanggapi kampanye-kampanye BDS.

Secara angka resmi, dampak BDS terhadap ekonomi Israel masih belum jelas—dan tidak mungkin bagi rezim Zionis untuk membuka data kerugiannya.

Namun, beberapa studi menunjukkan bahwa gerakan ini memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi Israel.

Pada tahun 2018, Kementerian Keuangan Israel memperkirakan bahwa gerakan BDS berpotensi menghasilkan kerugian hingga USD11,5 miliar atau sekitar Rp183,37 triliun per tahun bagi Israel.

Pada tahun 2019, sebuah studi yang dilakukan oleh The Economist Intelligence Unit menemukan bahwa gerakan BDS telah menyebabkan kerugian bagi beberapa perusahaan Israel, termasuk Elbit Systems, Ahava, dan SodaStream.

Pada tahun 2020, sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Tel Aviv menemukan bahwa gerakan BDS telah menyebabkan meningkatnya biaya operasional bagi perusahaan-perusahaan Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)