Makna dan Arti Bendera Hamas, Ada Kalimat yang Menggetarkan Hati Umat Muslim

Senin, 04 Desember 2023 - 16:15 WIB
loading...
Makna dan Arti Bendera...
Tahanan Palestina yang dibebaskan, mengibarkan bendera Hamas di perbatasan Rafah. Foto/REUTERS
A A A
JALUR GAZA - Makna dan arti bendera Hamas menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Melihat sekilas, ada beberapa kalimat dalam bahasa Arab yang tersemat di dalamnya.

Gerakan Perlawanan Islam Hamas merupakan organisasi politik dan militer yang berada di Palestina. Pada riwayatnya, kelompok ini dibentuk untuk melawan pendudukan Israel di Palestina.

Melihat ke belakang, Hamas berdiri sekitar 1987. Pendiriannya tak bisa dilepaskan dari sosok Sheikh Ahmed Yassin.

Makna dan Arti Bendera Hamas


Layaknya sebuah organisasi, Hamas juga memiliki lambang atau benderanya sendiri. Secara umum, setidaknya mereka punya dua bendera yang cukup sering ditampilkan.

Pertama adalah versi warna hijau dengan tulisan syahadat berwarna putih. Sedangkan yang lain memiliki latar belakang putih dengan simbol Hamas.

1. Bendera Warna Hijau


Sekilas, bendera ini mirip dengan milik Arab Saudi. Warna hijau yang dominan serta ada kalimat syahadat berwarna putih di bagian tengahnya.

Makna dan Arti Bendera Hamas, Ada Kalimat yang Menggetarkan Hati Umat Muslim


Mengutip laman CRW Flags, perbedaannya terletak pada kata ‘Allah’ yang ditampilkan lebih menonjol di bendera Hamas. Selain itu, tidak ada juga simbol pedang sebagaimana bendera Arab Saudi.

Terkait tulisannya sendiri adalah kalimat syahadat. Artinya adalah “Tidak ada Tuhan selain Allah” dan “Muhammad adalah utusan Allah”.

2. Bendera Warna Putih


Pada versi ini, bendera Hamas menggunakan latar belakang warna putih. Pada bagian tengahnya, terdapat lambang Hamas.

Lambang tersebut menunjukan dua pedang yang saling bersilangan di depan simbol Kubah Batu Yerusalem.

Simbol tersebut juga diapit oleh dua bendera Palestina yang masing-masing bertuliskan kalimat “Tidak ada Tuhan selain Allah” (kanan) dan “Muhammad adalah utusan Allah” (kiri).

Tepat di bawah simbol kubah, ada juga tulisan ‘Palestina’. Sedangkan di bawahnya lagi terdapat simbol spanduk bertuliskan ‘Harakat al-Muqawamah al-Islamiyah’ atau Hamas.

Selain kedua versi bendera Hamas tersebut, kelompok ini sebenarnya juga memiliki simbol-simbol lain yang digunakan masing-masing bagiannya. Misalnya, seperti Brigade Al-Qassam yang menjadi sayap militer utamanya.

Demikian ulasan mengenai arti dan makna bendera Hamas.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)