Mengapa Israel Mengalami Kekalahan Strategis? Ini Analisis Menhan AS

Minggu, 03 Desember 2023 - 19:50 WIB
loading...
Mengapa Israel Mengalami Kekalahan Strategis? Ini Analisis Menhan AS
Tentara Israel sebenarnya mengalami kekalahan strategis. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Kemenangan Israel atas Hamas sebenarnya justru menjadi “kekalahan strategis”. Hal itu akan terjadi, menurut Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, jika negara Zionis tersebut tidak mencegah jatuhnya korban sipil selama operasi militernya di Gaza.

"Washington akan terus menekan Israel untuk melindungi warga sipil dan memastikan aliran bantuan kemanusiaan yang kuat” ke Gaza, Austin berjanji pada Sabtu, dalam pidatonya di Forum Pertahanan Nasional Reagan di Simi Valley, California, dilansir RT.

“Pusat gravitasinya adalah penduduk sipil dan jika Anda mendorong mereka ke dalam pelukan musuh, Anda mengganti kemenangan taktis dengan kekalahan strategis,” kata pemimpin Pentagon. Dia mengungkapkan serangan tanpa pandang bulu oleh Israel di Gaza dapat memicu lebih banyak lagi warga Palestina. untuk bergabung dengan barisan kelompok bersenjata Hamas.

“Tragedi ini akan bertambah parah jika yang menunggu Israel dan Palestina pada akhir perang mengerikan ini adalah semakin banyak rasa tidak aman, lebih banyak kemarahan dan lebih banyak keputusasaan,” tambah Austin.

Setidaknya 193 orang telah tewas sejak IDF memperbarui serangannya di Gaza setelah gagalnya gencatan senjata pada hari Jumat. Jumlah keseluruhan korban tewas akibat serangan terhadap wilayah kantong Palestina sejak 7 Oktober, ketika Hamas melancarkan serangan mematikannya ke Israel, mencapai lebih dari 15.200 orang.



“Anda hanya bisa menang dalam peperangan perkotaan dengan melindungi warga sipil,” tegas Austin, seorang pensiunan jenderal dan mantan komandan pasukan AS di Timur Tengah.

Ia juga menyatakan bahwa solusi dua negara, di mana Israel dan Palestina akan “menemukan cara untuk berbagi tanah yang mereka sebut sebagai rumah,” masih merupakan “satu-satunya jalan keluar” yang layak untuk keluar dari konflik tersebut.

Namun, pimpinan Pentagon menekankan bahwa adalah tugas Israel untuk menanggapi serangan Hamas. AS tetap menjadi “teman terdekat Israel di dunia” dan akan terus mendukung negara tersebut, janjinya.

Pada hari Jumat, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan bahwa dia menjelaskan kepada pihak berwenang Israel bahwa “penting bagi AS agar hilangnya banyak nyawa warga sipil, dan pengungsian dalam skala besar seperti yang kita lihat di Gaza utara, tidak terulang di masa lalu. selatan."

BACA LEBIH LANJUT: Penghancuran Hamas ‘tidak realistis’ – Erdogan
Seorang pejabat Israel mengatakan kepada surat kabar Times of Israel pada hari Minggu bahwa negaranya telah menerapkan mekanisme dekonfliksi untuk mencegah kerugian terhadap pekerja hak asasi manusia dan warga sipil di Gaza selama operasi IDF melawan Hamas. “Kami mendapat pelajaran dari operasi kami di Gaza utara dan kami menerapkannya,” klaim sumber tersebut.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)