Negara-negara yang Berhasil Didamaikan Berkat Henry Kissinger

Sabtu, 02 Desember 2023 - 00:05 WIB
loading...
Negara-negara yang Berhasil Didamaikan Berkat Henry Kissinger
Ada sejumlah negara berhasil didamaikan berkat Henry Kissinger, mantan Menlu AS yang meninggal beberapa hari lalu. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Henry Kissinger, Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) yang menjabat pada 1973-1977, meninggal dunia pada Rabu (29/11/2023) waktu setempat. Kissinger meninggal pada usia 100 tahun di rumahnya di Connecticut.

Mantan Menlu dan Penasihat Keamanan Nasional AS ini dikenal karena peranannya dalam diplomasi internasional selama masa pemerintahan Presiden Richard Nixon dan Presiden Gerald Ford.

Meskipun ada kontroversi terkait beberapa kebijakan dan tindakan selama masa jabatannya, Kissinger juga dianggap berhasil dalam beberapa upaya damai.



Negara-negara yang Berhasil Didamaikan Berkat Peran Henry Kissinger

1. Amerika Serikat-China


Salah satu pencapaian utama Kissinger damainya AS dan Republik Rakyat China (RRC), ditandai dengan pembukaan hubungan diplomatik pada tahun 1972.

Ini merupakan langkah signifikan yang mengakhiri isolasi diplomatik antara dua negara tersebut.

2. Amerika Serikat-Uni Soviet


Kissinger memainkan peran kunci dalam perdamaian antara Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet, terutama selama masa detente (mengurangi ketegangan) pada akhir 1960-an hingga awal 1970-an.

Meski demikian, setelah Soviet runtuh pada 26 Desember 1991 dan berganti menjadi Rusia, hubungan kedua negara adidaya ini mengalami pasang surut dan sekarang memanas terkait perang Ukraina.

3. Amerika Serikat-Vietnam


Meskipun belum sepenuhnya berhasil, Kissinger terlibat dalam perundingan damai di Vietnam Utara dengan Vietnam Selatan (yang disokong Amerika Serikat).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)