Bakar 4 Miliar Ton Batu Bara Per Tahun, Komitmen Iklim China Masih Sangat Minim

Jum'at, 01 Desember 2023 - 16:16 WIB
loading...
Bakar 4 Miliar Ton Batu Bara Per Tahun, Komitmen Iklim China Masih Sangat Minim
China membakar 4 miliar ton batu bara per tahun, komitmennya untuk atasi krisis iklim masih sangat minim. Foto/REUTERS/David Gray
A A A
BEIJING - Para pemerhati lingkungan telah meningkatkan kampanye tekanan mereka terhadap dukungan China atas Jalur Pipa Minyak Mentah Afrika Timur.

Para aktivis mendesak pemberi pinjaman China—Perusahaan Asuransi Ekspor & Kredit milik negara Sinosure, Bank Ekspor-Impor China, dan Bank Industri dan Komersial China—agar membatalkan rencana mereka untuk membiayai proyek kontroversial senilai USD5 miliar tersebut.

Mengutip dari laman Epardafas.com, Jumat (1/12/2023), mereka berpendapat bahwa pembangunan pipa tersebut menimbulkan ancaman terhadap ekosistem asli, pusat keanekaragaman hayati, sumber daya air, dan lahan masyarakat di Uganda dan Tanzania.

Ini bukan satu-satunya insiden yang memicu kemarahan para aktivis iklim. China, sebagai negara pencemar terbesar di dunia, mengonsumsi lebih dari separuh batu bara dunia.



Negara ini membakar lebih dari 4 miliar ton batu bara setiap tahunnya, setara dengan 58 persen permintaan global pada tahun 2022.

Selain itu, China mengimpor lebih banyak minyak dan gas alam cair (LNG) dibandingkan negara lain.

Pada tahun 2021, China merupakan penyandang dana asing terbesar di dunia untuk infrastruktur bahan bakar fosil, dan menyumbangkan hampir sepertiga gas rumah kaca dunia pada 2020.

Hal ini tidak mengherankan mengingat populasi China yang berjumlah 1,4 miliar jiwa mencakup 19 persen populasi dunia, 22 persen produk domestik bruto (PDB) global, dan 26 persen konsumsi energi dunia.

Ironisnya, menurut angka PBB, China juga merupakan negara paling terkena dampak krisis iklim dan bencana lingkungan karena jumlah penduduknya yang besar.

Paparan ini menjadi jelas pada 2022 ketika China mencetak rekor baru dalam hal suhu ekstrem, menghadapi curah hujan terderas dalam lebih dari satu dekade, dan berjuang mengatasi kekeringan terburuk dalam 60 tahun.

Sebagian besar Sungai Yangtze yang penting secara ekonomi, industri, dan lingkungan telah mengering, memengaruhi pembangkit listrik tenaga air, menghentikan pengiriman, dan memaksa perusahaan-perusahaan besar untuk menghentikan operasinya. Akibatnya, China semakin bergantung pada bahan bakar fosil untuk memenuhi kebutuhan energi.

Pada 2020, Presiden China Xi Jinping berjanji untuk mencapai nol emisi pada tahun 2060, namun China menolak berkomitmen mengurangi penggunaan batu bara hingga tahun 2025.

Meskipun Xi Jinping mengumumkan pada bulan September 2021 bahwa China akan berhenti membangun pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri, negara tersebut menolak seruan internasional untuk berhenti menggunakan batu bara di dalam negeri.

Saat ini, hampir dua per tiga penduduk China tinggal di perkotaan, dan listrik mewakili sekitar 24 persen konsumsi energi final negara tersebut.

Selama dua tahun terakhir, China menghadapi kekurangan listrik yang parah, kekeringan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan manajemen energi yang buruk, yang menyebabkan peningkatan produksi batu bara dalam negeri yang lebih kotor dan berkualitas lebih rendah.

Pada paruh pertama 2021, perusahaan milik negara China mengusulkan 43 pembangkit listrik tenaga batu bara baru, dan konstruksi dimulai dengan kapasitas pembangkit listrik tenaga batu bara baru sebesar 15 GW.

Pada 2022, negara ini meningkatkan produksi batu bara sebesar 9 persen menjadi 4,5 miliar ton, produksi gas sebesar 6,4 persen menjadi 218 miliar meter kubik, dan produksi minyak mentah melampaui 200 juta ton untuk pertama kalinya sejak tahun 2015.

Tren ini berlanjut pada 2023, dengan setidaknya 50 GW pembangkit listrik tenaga batu bara baru disetujui dalam enam bulan pertama. Kapasitas pembangkit listrik tenaga batu bara di China dapat mencapai 270 GW pada tahun 2025, melampaui kapasitas di Amerika Serikat.

Pada 2019, China sendiri mengeluarkan jumlah CO2 yang hampir sama dengan gabungan empat negara berikutnya, dan menghasilkan gas rumah kaca yang setara dengan lebih dari 13 miliar ton CO2 sepanjang tahun.

Lima perusahaan utilitas terbesar di China—Huaneng Group Co., Huadian Corp., China Energy Investment Corp., State Power Investment Corp, dan Datang Co.,—adalah salah satu perusahaan penghasil polusi terbesar di dunia, yang mengeluarkan 960 juta ton CO2 pada tahun 2020, atau lebih dari dua kali lipat bahwa seluruh armada batu bara Rusia.

Membatasi produksi gas rumah kaca China dapat berkontribusi secara signifikan dalam menjaga planet ini, namun perusahaan-perusahaan ini menolak untuk berpartisipasi dalam negosiasi yang didukung PBB.

Berdasarkan data Bloomberg, berikut emisi CO2 perusahaan China dalam skala metrik ton:

- SAIC Motor Corp.: 158 (Sama dengan emisi Argentina)
- Grup China Baowu: 211 (Setara dengan gabungan Belgia-Austria)
- China Petroleum & Chemical Corp: 733 (Setara dengan gabungan Spanyol-Kanada)
- Petrochina Co. Ltd.: 881 (Setara dengan gabungan Vietnam-Korea Selatan)
- Grup Bahan Bangunan Nasional China: 255 (Setara dengan Prancis)


Komitmen China GagalAtasi Krisis Iklim


Pemanasan global dapat membawa konsekuensi ekonomi yang sangat buruk bagi China, dengan perkiraan kerugian PDB antara 0,5 persen dan 2,3 persen pada awal tahun 2030. Gletser di sepanjang pegunungan Hindu Kush dan Himalaya, yang sering disebut sebagai "Menara Air Asia”, mencair dengan kecepatan yang mengkhawatirkan.

Di saat yang sama, sebagian besar wilayah China utara mengalami kekurangan air. Meningkatnya sentralisasi dalam sistem politik China dan solusi yang diarahkan secara terpusat mengancam kapasitas negara tersebut untuk beradaptasi dengan kenyataan terbaru.

Untuk mengatasi krisis ini, China telah meningkatkan upaya adaptasinya, dengan menerapkan serangkaian rencana, kebijakan, dan proyek. Hal ini termasuk membangun sistem perpindahan air terbesar dalam sejarah, memperluas dan meninggikan tanggul laut sepanjang 6.000 mil di sepanjang pantainya, membangun cadangan biji-bijian yang lebih besar dari gabungan negara-negara lain di dunia, membuat cekungan banjir lahan basah di pusat kota-kota terbesarnya, memulihkan pesisir pantai sebagai penyangga terhadap badai, dan merelokasi ratusan ribu "migran ekologis" ke daerah dataran rendah.

Beijing juga berinvestasi besar-besaran dalam mengembangkan teknologi energi ramah lingkungan dan produk-produk terkait. Pada tahun 2022, negara ini menduduki puncak daftar investor energi ramah lingkungan dengan jumlah USD546 miliar, setengah dari total investor global pada tahun tersebut.

Negara ini telah membangun lebih banyak kapasitas tenaga surya dibandingkan negara-negara lain di dunia dan mempunyai visi untuk menjadi pemimpin global dalam sektor energi ramah lingkungan.

Namun, meskipun China berkomitmen untuk memitigasi dampak krisis iklim dan meningkatkan penggunaan energi ramah lingkungan, rencana China tersebut tidak mengatasi akar permasalahannya.

Selain itu, China memiliki kapasitas yang sangat terbatas untuk menyimpan dan menyalurkan listrik yang dihasilkan dari sumber terbarukan.

Komitmen China masih jauh dari apa yang dibutuhkan, dan target gas rumah kaca dianggap tidak ambisius. Ketika negara-negara maju mengurangi emisi mereka, emisi China meningkat dengan cepat.

Infrastruktur digital yang berkembang pesat di negara ini, yang diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada 2030, menimbulkan masalah signifikan. Permintaan energi dan emisi gas rumah kaca juga akan meningkat, sehingga membahayakan tujuan netralitas CO2 China di tahun 2060.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)