Sekjen PBB: Jeda Kemanusiaan di Gaza Tidak Selesaikan Masalah Utama

Kamis, 30 November 2023 - 19:45 WIB
loading...
Sekjen PBB: Jeda Kemanusiaan di Gaza Tidak Selesaikan Masalah Utama
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres. Foto/anadolu
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres mendorong gencatan senjata penuh di Jalur Gaza, dengan mengatakan jeda kemanusiaan saat ini tidak menyelesaikan masalah utama.

“Pertama-tama, saya ingin mengatakan jeda kemanusiaan adalah langkah ke arah yang benar, merupakan simbol harapan, namun tidak menyelesaikan masalah utama yang kita hadapi,” ujar Antonio Guterres pada konferensi pers bersama Ketua Komisi Uni Afrika Moussa Faki, dilansir Daily Sabah pada Rabu (29/11/2023).

“Itulah sebabnya kami menekankan perlunya gencatan senjata kemanusiaan yang mengarah pada pembebasan sandera tanpa syarat dan segera serta kemungkinan memberikan bantuan kemanusiaan yang efektif kepada semua orang di Gaza, di mana pun mereka tinggal,” ujar dia.

Ketika ditanya tentang pesannya kepada pemerintah Israel, yang mengatakan pertempuran akan dilanjutkan ketikajeda kemanusiaan berakhir, Guterres berkata, “Pesan saya sangat jelas. Kita memerlukan gencatan senjata kemanusiaan.”

“Kita menghadapi situasi kemanusiaan yang dramatis. Pada saat yang sama, kita ingin pembebasan penuh seluruh sandera yang kami yakini harus dilakukan tanpa syarat dan segera, namun kita memerlukan gencatan senjata kemanusiaan di Gaza, sekarang juga,” pungkas dia.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)