Negara Anggota Sebut NATO Akui Serangan Balasan Ukraina Gagal

Kamis, 30 November 2023 - 12:51 WIB
loading...
Negara Anggota Sebut NATO Akui Serangan Balasan Ukraina Gagal
Hongaria sebut NATO akui jika serangan balasan Ukraina telah gagal. Foto/Ilustrasi
A A A
BUDAPEST - Sejumlah menteri luar negeri pada pertemuan NATO minggu ini di Brussels telah mengakui bahwa serangan balasan Ukraina yang sangat dinantikan telah gagal menghasilkan terobosan atau kemajuan apa pun.

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto. Diamengungkapkan bahwarencana awal Ukraina adalah mengalahkan Rusia di medan perang, sehingga memicu konsekuensi politik di Moskow.

“Saya pikir saat ini semua orang dapat melihat – meskipun mereka mungkin tidak mengakuinya – bahwa rencana ini telah gagal,” kata Szijjarto kepada wartawan pada konferensi pers di sela-sela pertemuan pada hari Selasa.



“Tujuan dan harapan serangan balasan Ukraina pupus karena tidak ada perubahan besar di medan perang dan tidak ada terobosan sejak awal. Hal ini telah diakui oleh banyak orang di sini. Diam-diam, hati-hati, tapi tetap diketahui,” akunya seperti dikutip dari RT, Kamis (30/11/2023).

Pada pertemuan para menteri luar negeri NATO, Sekretaris Jenderal blok tersebut Jens Stoltenberg mendesak negara-negara anggota untuk “tetap mengikuti jalur” dalam mempersenjatai Ukraina, dan bersikeras bahwa ini juga demi “kepentingan keamanan kami.”

Menanggapi pertanyaan dari seorang jurnalis, Stoltenberg mengatakan NATO akan mendukung Kiev “selama diperlukan.” Dia mencatat bahwa anggota NATO telah memberikan lebih dari 100 miliar Euro bantuan militer ke Ukraina sejak awal konflik bersenjata dengan Rusia pada Februari 2022.

Namun, Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu mengatakan awal bulan ini bahwa pasokan senjata Barat hanya berdampak kecil di garis depan, dan menyatakan bahwa meskipun ada pasokan senjata NATO jenis baru, rezim Kiev mengalami kekalahan.



Moskow menegaskan bahwa pengiriman senjata buatan Barat ke Kiev menjadikan Amerika Serikat (AS) dan negara-negara NATO secara de facto ikut serta dalam konflik tersebut, dan secara efektif melancarkan perang proksi melawan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)