5 Kontroversi Kunjungan Elon Musk ke Israel

Kamis, 30 November 2023 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Netanyahu sebelumnya bertemu Musk di California pada 18 September di mana perdana menteri Israel mendesaknya untuk mencapai keseimbangan antara melindungi kebebasan berekspresi dan melawan ujaran kebencian setelah berminggu-minggu kontroversi mengenai anti-Semitisme di X.

Musk menanggapinya dengan mengatakan bahwa dia menentang anti-Semitisme dan menentang apa pun yang “mendorong kebencian dan konflik”, mengulangi pernyataan sebelumnya bahwa X tidak akan mempromosikan ujaran kebencian.

Sumber pemerintah Israel menggambarkan kunjungan hari Senin ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan bulan September.

4. Hanya Kunjungan Humas

Kunjungan Musk ke Israel dikritik oleh beberapa pendukung Israel dan Palestina.

Esther Solomon, pemimpin redaksi surat kabar Israel Haaretz, mengecam perjalanan Musk sebagai “kunjungan humas” dalam sebuah postingan di X.

Dalam sebuah opini di situs berita, koresponden Haaretz Ben Samuels juga mengatakan bahwa sikap Israel terhadap Musk adalah “pengkhianatan terhadap orang Yahudi” dan “noda pada warisan Netanyahu”.

Musk juga ditanyai secara online karena tidak mengunjungi Gaza meskipun terjadi kematian dan kehancuran di wilayah tersebut akibat bom Israel.

5. Menerapkan Standar Ganda

Musk mencapai kesepakatan dengan Israel “pada prinsipnya” bahwa akses internet ke Gaza dapat disediakan melalui Starlink, tetapi hanya menggunakan unit yang dioperasikan oleh Israel dan dengan persetujuan Kementerian Komunikasi Israel.

Pada bulan Oktober, CEO Musk mengatakan bahwa “Starlink akan mendukung konektivitas ke organisasi bantuan yang diakui secara internasional di Gaza.”

Ketika Gaza jatuh ke dalam kegelapan setelah pemadaman komunikasi pada bulan Oktober, pengguna media sosial memohon kepada Musk untuk menyediakan akses internet melalui Starlink kepada daerah kantong yang terkepung itu.

Perusahaan ini menggunakan teknologi satelit dibandingkan teknologi kabel untuk menyediakan akses internet, dan juga membantu Ukraina ketika negara tersebut menghadapi pemadaman listrik selama perang dengan Rusia.

Pemberian akses Starlink ke Ukraina secara instan oleh Musk mendorong orang-orang menegurnya karena memiliki “standar ganda” ketika menyangkut perang Israel di Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)