Ini Alasan Qatar Sering Jadi Mediator Israel-Hamas

Selasa, 28 November 2023 - 14:48 WIB
loading...
Ini Alasan Qatar Sering Jadi Mediator Israel-Hamas
Qatar memainkan perang penting dengan menjadi mediator gencatan senjata antara Israel dengan Hamas. Foto/REUTERS
A A A
DOHA - Qatar, sebuah kerajaan kecil yang kaya di kawasan Teluk di Timur Tengah, sekali lagi memainkan peran yang sangat besar dengan menjadi mediator gencatan senjata antara Israel dengan Hamas.

Berkat peran Qatar, gencatan senjata sementara selama empat hari tercapai—dimulai sejak Jumat pekan lalu, pukul 07.00 waktu setempat.

Gencatan senjata sementara ini memuluskan pertukaran puluhan sandera yang ditawan Hamas di Gaza dengan ratusan tahanan Palestina yang ditahan Israel.



Berkat gencatan senjata sementara ini pula, truk-truk bantuan kemanusiaan bisa leluasa masuk ke Gaza, Palestina.

Qatar muncul sebagai negara yang unik, yakni selama bertahun-tahun telah menjadi tuan rumah kantor politik untuk berbagai kelompok yang dianggap Barat sebagai organisasi teroris, termasuk Hamas, Taliban Afghanistan, dan Ikhwanul Muslimin Mesir.

Mengapa Qatar Sering Jadi Mediator dalam Perang Israel-Hamas?


Banyak negara di Timur Tengah menginginkan peran mediator—termasuk Mesir, Oman dan Kuwait—namun Qatar menampilkan dirinya sebagai pemecah masalah utama di kawasan dan menganjurkan dialog.

Para pengamat, yang dikutip dari The Guardian, Selasa (28/11/2023), mengatakan Qatar mengambil peran ini karena sebagai negara kecil namun sangat kaya yang dibangun dengan pasokan gas cair dalam jumlah besar, Qatar perlu menjadikan dirinya sangat diperlukan oleh komunitas internasional dan dilindungi dari intervensi yang tidak diinginkan oleh tetangganya yang lebih besar; Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Boikot terhadap Qatar pada tahun 2017-2021 yang dipimpin oleh Arab Saudi menunjukkan bahwa negara tersebut memiliki alasan kuat untuk merasa takut.

Ada Pertentangan terhadap Peran Qatar dalam Perang Israel-Hamas?


Ya, di sisi sayap kanan Amerika Serikat dan di beberapa kelompok di Israel.

Senator Partai Republik dari North Carolina Ted Budd menulis di X: “Selama berminggu-minggu, Kementerian Luar Negeri Qatar mengeklaim ‘hampir’ merundingkan kesepakatan untuk pembebasan sandera yang ditahan oleh Hamas—termasuk sandera Amerika. Berapa lama Qatar akan terus menjadi tuan rumah bagi teroris yang berlumuran darah Amerika?”

Gershon Baskin, seorang negosiator sandera Israel yang pernah berhubungan langsung dengan Hamas, menantang Qatar pada seminar Middle East Institute baru-baru ini.

“Dalam pikiran saya, Qatar adalah negara yang mendukung terorisme dan mereka perlu diperintah,” katanya.

Mengingat bahwa pangkalan militer AS terbesar di kawasan ini berada di Qatar, dia berkata: “Amerika perlu memberi tahu Qatar: jika Anda tidak memaksa Hamas melepaskan sandera, Anda akan mengasingkan mereka dari Qatar.”

Baskin adalah salah satu dari mereka yang berpendapat bahwa intelijen Mesir memiliki hubungan yang lebih baik dengan Hamas daripada Qatar, dan Qatar tidak memiliki hubungan yang sama dengan intelijen Israel.

Kritik seperti itu memberikan banyak tekanan pada Qatar untuk mewujudkannya, baik untuk menunjukkan independensinya dari Hamas maupun efektivitasnya.

Memang benar, pernyataan mengejutkan pada hari Minggu oleh perdana menteri Qatar bahwa Qatar hampir mencapai kesepakatan mungkin mencerminkan kebutuhan untuk menantang skeptisisme Qatar di Kongres AS.

Qatar berpendapat bahwa beberapa pengkritiknya salah paham mengapa Qatar menjadi tuan rumah bagi para pemimpin politik Hamas—yang bukan karena simpati ideologis tetapi karena AS yang memintanya.

Ada pendapat bahwa perannya berbeda dari peran teknis yang dapat dijalankan oleh Komite Palang Merah Internasional (ICRC) dan peran pembawa pesan yang dilakukan Swiss untuk AS di Teheran.

Hal ini memerlukan tingkat kepercayaan politik, pengetahuan dan kepekaan politik. Sama seperti AS yang tidak banyak melontarkan kritik publik terhadap Israel, begitu pula Qatar terhadap Hamas.

Prasyarat untuk memengaruhi terkadang adalah kebijaksanaan.


Bagaimana Posisi Qatar dalam Perang Israel-Hamas?


Qatar tidak mendukung serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober namun mengatakan bahwa tanggung jawab ada di tangan Israel karena pendudukan atas Palestina.

Pada pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Islam (OKI) baru-baru ini, mereka menyerukan pesan-pesan yang lebih keras daripada kecaman terhadap Israel, dan sejak itu mereka menuduh Israel melakukan genosida, pelanggaran terhadap konvensi Jenewa, dan pembantaian.

Negara ini di mata media Barat juga menerapkan standar ganda yang dilakukan beberapa pihak di komunitas internasional.

Qatar telah berusaha memengaruhi Iran agar tidak meningkatkan konflik. Jika ada kesamaan dalam sikap Qatar, maka hal tersebut adalah deeskalasi.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)