5 Alasan Hamas Makin Populer selama Perang Gaza

Minggu, 26 November 2023 - 21:50 WIB
loading...
5 Alasan Hamas Makin Populer selama Perang Gaza
Hamas makin populer karena mampu mengalahkan tentara Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Setelah berulang kali menolak gencatan senjata dengan Hamas dan menyebut gagasan itu “konyol”, Israel menyetujui penghentian permusuhan selama empat hari di Gaza dan pertukaran tahanan.

Kematian dan kehancuran selama enam minggu, yang dinyatakan oleh para pemimpin Israel dan Barat seharusnya berujung pada kehancuran Hamas, kini telah memperkuat citra gerakan Palestina di seluruh dunia Arab dan sekitarnya.

Gencatan senjata selama empat hari yang dilaksanakan pada hari Jumat ini memberikan kelegaan bagi mereka yang paling terkena dampak perang di Jalur Gaza, namun dalam banyak hal telah menimbulkan bencana bagi pemerintah Israel. Ketika perempuan dan anak-anak, yang ditawan oleh Hamas dan Israel, dipertemukan kembali dengan keluarga mereka, ancaman peperangan lebih lanjut pun semakin besar.

Meskipun orang-orang terkasih dari mereka yang dibebaskan sekarang sedang merayakannya, langkah selanjutnya akan sangat penting dalam menentukan hasil akhir dari pertempuran 46 hari yang kini telah dihentikan sementara. Saat ini, tampaknya gagasan bahwa “Hamas harus pergi” hanyalah sekedar mimpi belaka.

Berikut adalah 5 alasan justru makin populer selama perang Gaza.

1. Meraih Simpati Internasional

5 Alasan Hamas Makin Populer selama Perang Gaza

Foto/Reuters

Pada tanggal 27 Oktober, Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi yang mendapat tepuk tangan meriah, menyerukan gencatan senjata untuk menghentikan pertempuran di Jalur Gaza. Meskipun resolusi tidak mengikat tersebut disahkan dengan mayoritas 120 suara mendukung, Israel dan Amerika Serikat langsung menolaknya.

"Seruan gencatan senjata yang diajukan oleh negara-negara Arab dicap sebagai 'pembelaan terhadap teroris Nazi' oleh Gilad Erdan, duta besar Israel untuk PBB. Hal ini terjadi setelah Hamas membebaskan empat sandera sipil Israel tanpa syarat, karena alasan kemanusiaan," kata Robert Inlakesh, analis politik Timur Tengah, dilansir RT.


2. Hamas Tak Bisa Dihancurkan dengan Serangan Udara dan Darat

5 Alasan Hamas Makin Populer selama Perang Gaza

Foto/Reuters

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pejabat lainnya dalam pemerintahan darurat perangnya, telah berulang kali menyatakan tujuan mereka untuk menghancurkan Hamas dan kelompok bersenjata Palestina yang bersekutu di Gaza, dan menolak untuk bernegosiasi dengan mereka.

Pemboman udara selama enam minggu terhadap wilayah sipil padat penduduk di daerah kantong Palestina yang terkepung, yang juga berubah menjadi perang darat, menurut beberapa perkiraan telah memakan korban jiwa lebih dari 20.000 orang, namun gagal melenyapkan Hamas.

"Faktanya, pasukan Israel belum mampu menunjukkan satu pun prestasi militer yang signifikan dalam melawan kelompok bersenjata Palestina," ujar Inlakesh.

3. Israel Gagal Membunuh Pemimpin Senior Hamas

5 Alasan Hamas Makin Populer selama Perang Gaza

Foto/Reuters

Meskipun Hamas mengklaim telah menyerang 355 kendaraan militer Israel selama dua minggu terakhir pertempuran, dan menerbitkan bukti video dari lusinan serangan.

"Pasukan Israel gagal membunuh para pemimpin senior Hamas, membebaskan sandera dengan paksa, mengungkap jaringan terowongan besar, atau bahkan mempublikasikan bukti bahwa mereka telah membunuh sejumlah besar pejuang Hamas di medan perang," jelas Inlakesh.

4. Hamas Tidak Terkalahkan

5 Alasan Hamas Makin Populer selama Perang Gaza

Foto/Reuters

Alih-alih menghadapi kemarahan seluruh dunia dan dihancurkan, Hamas tidak hanya bertahan, namun juga menjadi lebih populer. Meskipun pemerintahan Presiden AS Joe Biden memberikan alasan atas invasi Israel dan pemboman rumah sakit di Jalur Gaza, ia mengklaim bahwa Hamas masih mempertahankan kehadirannya secara signifikan di tempat-tempat seperti serangan yang baru-baru ini terjadi.

Sementara itu, Hamas meraih kemenangan demi kemenangan, dari sudut pandang perang gerilya dan politik, sementara kemampuan militernya sejauh ini tampaknya tidak berkurang.

"Brigade Qassam, sayap bersenjata Hamas, yang melancarkan serangan ke Israel pada 7 Oktober, berhasil mengalihkan perhatian dunia kembali pada isu Palestina, membebaskan tahanan politik yang ditahan Israel, sekaligus melancarkan pukulan demi pukulan terhadap satu orang, salah satu kekuatan militer terkuat di dunia," kata Inlakesh.

5. Konflik Akan Meluas

5 Alasan Hamas Makin Populer selama Perang Gaza

Foto/Reuters

Jika Israel dan negara-negara pendukungnya di Barat memilih untuk meningkatkan konflik lebih jauh daripada mencari penyelesaian damai, maka perang tersebut akan meluas menjadi konflik regional yang lebih luas; ancaman terhadap stabilitas semua negara yang terlibat.

Upaya untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dapat membuka era baru dalam konflik ini, dimana Hamas akan tetap bertahan di dalamnya. Perdamaian adalah kepentingan seluruh wilayah, kita telah melihat apa yang ditawarkan oleh tentara Israel dan perdamaian tidak mengakibatkan kekalahan kelompok bersenjata Palestina, perdamaian hanya memberikan pukulan telak terhadap warga sipil di Gaza.

"Ini akan menjadi pil yang sulit untuk diterima oleh pemerintah negara-negara Barat, namun satu-satunya solusi untuk melindungi kehidupan warga sipil dan menjamin pembebasan semua tahanan, adalah melalui resolusi damai, bukan melalui kekerasan yang lebih besar," jelas Inlakesh.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0907 seconds (0.1#10.140)