6 Jalan Sulit bagi Israel Mengalahkan Hamas sebagai Perang yang Mustahil

Minggu, 26 November 2023 - 22:22 WIB
loading...
6 Jalan Sulit bagi Israel Mengalahkan Hamas sebagai Perang yang Mustahil
Ambisi Israel melenyapkan Hamas sebagai perang yang mustahil. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pada tanggal 21 November, AS, Qatar, dan Mesir mencapai terobosan diplomatik besar pertama dalam perang Gaza tahun 2023. Mereka menengahi perjanjian yang akan menjamin pembebasan 50 sandera Israel dan 150 tahanan Palestina dan memfasilitasi gencatan senjata empat hari antara Israel dan Hamas.

Perjanjian tersebut juga memungkinkan ratusan truk berisi makanan, obat-obatan, dan pasokan bahan bakar mencapai Jalur Gaza yang terkepung.

Perjanjian ini, meski menjanjikan, kemungkinan besar tidak akan menghasilkan perdamaian abadi. Ketika kabinet Israel meratifikasi perjanjian tersebut, PM Israel Benjamin Netanyahu menyatakan, “Kami sedang berperang, dan kami akan melanjutkan perang. Kami akan melanjutkannya sampai kami mencapai semua tujuan kami”.

Mitra koalisi sayap kanan Netanyahu bahkan lebih menekankan perlunya Israel melanjutkan perang. Menteri Keamanan Nasional Israel dan pemimpin Otzma Yehudit (Kekuatan Yahudi) Itamar Ben-Gvir memperingatkan bahwa kesepakatan pembebasan sandera akan menjadi sebuah “bencana” dan membandingkannya dengan pembebasan tentara Israel Gilat Shalit.

Shalit dibebaskan dari tahanan Hamas pada tahun 2011 dengan imbalan 1.027 tahanan Palestina, termasuk pemimpin Hamas di Gaza Yahya Sinwar.

Namun apakah Israel punya jalan menuju kemenangan sesuai dengan keinginan Netanyahu? Enam minggu setelah perang Gaza, yang telah mengakibatkan kematian sedikitnya 14.500 warga Palestina, Netanyahu menghadapi perjuangan panjang untuk sepenuhnya mengalahkan Hamas dan menyelamatkan warisan politiknya yang ternoda,"

Sekalipun Israel berhasil membunuh para komandan utama Brigade al-Qassam, transisi cepat menuju pemerintahan mandiri Palestina masih jauh dari kenyataan dan akan terjadi pendudukan Israel yang memakan banyak biaya di Gaza.


Berikut adalah 6 fakta yang menunjukkan jalan sulit Israel menuju kemenangan militer atas Hamas.

1. Mengepung Basis Hamas dan Membagi Jalur Gaza Jadi Dua

6 Jalan Sulit bagi Israel Mengalahkan Hamas sebagai Perang yang Mustahil

Foto/Reuters

Setelah operasi darat Israel diintensifkan pada tanggal 27 Oktober, tentara Israel bertujuan untuk mengepung benteng Hamas dengan membagi Jalur Gaza menjadi dua. Militer Israel menyerbu daerah kantong tersebut melalui Beit Hanoun di Gaza utara dan Bureij di Gaza tengah, yang merupakan jalur yang digunakan Israel selama serangan sebelumnya terhadap Hamas dan Jihad Islam.

"Strategi militer Israel telah memperoleh beberapa keberhasilan awal. Mereka berhasil mengepung Kota Gaza dengan cepat, yang dilindungi oleh percabangan Jalur Gaza," kata Samuel Ramani, peneliti Timur Tengah Universitas Oxford, dilansir The New Arab.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)