Hacker Palestina Sukses Bobol Iron Dome, Diburu Mossad, Diselamatkan Agen Intelijen Turki

Kamis, 23 November 2023 - 18:36 WIB
loading...
Hacker Palestina Sukses Bobol Iron Dome, Diburu Mossad, Diselamatkan Agen Intelijen Turki
Seorang hacker Palestina berhasil menjebol Iron Dome dan diburu agen rahasia Mossad. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Organisasi Intelijen Nasional (MIT) Turki terungkap telah menyelamatkan seorang peretas Palestina dari penculikan atau pembunuhan oleh badan intelijen Israel, Mossad, dalam pengungkapan terbaru operasi balasan MIT terhadap mitranya dari Israel.

Dinamakan oleh media Turki sebagai 'Omar A', yang kabarnya merupakan lulusan program komputer dari Universitas Islam Gaza, dianggap sebagai arsitek peretasan perangkat lunak untuk Kementerian Dalam Negeri Gaza yang dapat menyusup ke ponsel yang beroperasi pada Android, serta meretas ke dalam Sistem pertahanan udara 'Iron Dome' Israel yang terkenal kejam.

Pada tahun 2015 dan 2016, tindakan yang diambil oleh Omar A dilaporkan membantu sayap politik kelompok Perlawanan Palestina Hamas – Brigade Al-Qassam – meluncurkan roket ke arah Israel tanpa dapat dicegat secara memadai.

Namun, menurut surat kabar Daily Sabah, intelijen Israel berhasil melacak gangguan yang dialami peretas setelah melakukan penelitian selama tiga tahun, sehingga menambahkannya ke daftar Mossad sebagai target potensial.

Dalam upaya untuk membujuknya agar ditangkap untuk dibawa ke Tel Aviv untuk diinterogasi, agensi tersebut secara anonim menawarinya pekerjaan melalui perusahaan perangkat lunak Norwegia pada tahun 2019, tetapi dia menolak karena kecurigaan keterlibatan Israel.



Pada tahun 2020, ia pindah ke Istanbul di Turki, di mana seorang agen Mossad bernama Raed Ghazal, yang menyamar sebagai manajer hak asasi manusia di perusahaan Prancis, Think Hire, menawarkan pekerjaan kepada Omar pada tahun berikutnya, mewawancarainya dua kali dan berusaha mendapatkan dia untuk mendapatkan pekerjaan bergabung dengan perusahaan.

Agen Mossad lainnya bernama Omar Shalabi menghubunginya dari perusahaan yang diduga sama dan meyakinkan Omar untuk menyelesaikan proyek pengkodean perangkat lunak seharga USD10.000.

Agen Mossad lainnya bernama Nikola Radonij – ditemani tiga orang lainnya yang bekerja untuk intelijen Israel dan menyamar sebagai tim “pengembang” – kemudian menghubungi peretas Palestina tersebut pada Juni 2022 dan menawarinya pekerjaan, baik di Brasil atau di Istanbul, sambil memberi semangat untuk bepergian ke luar negeri.

MIT, yang dilaporkan mengetahui status Omar dan telah memantau situasinya, turun tangan dan memperingatkan peretas tersebut agar tidak bepergian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0957 seconds (0.1#10.140)