5 Dampak Buruk bagi Israel jika Gencatan Senjata dengan Hamas Diberlakukan

Kamis, 23 November 2023 - 20:20 WIB
loading...
5 Dampak Buruk bagi Israel jika Gencatan Senjata dengan Hamas Diberlakukan
Tentara Israel berada di ambang kekalahan dengan terwujudnya gencatan senjata dengan Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Klaim dan penolakan terhadap potensi gencatan senjata di Gaza terus berlanjut. Beberapa laporan merujuk pada penghentian pertempuran selama tiga hari, sementara laporan lain memperpanjang gencatan senjata menjadi lima hari penuh. Namun, pihak lain mengklaim gencatan senjata akan segera dimulai. Dan seterusnya.

Bahkan pernyataan dari mulut kuda pun berbeda-beda. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membantah laporan yang diterbitkan oleh The Washington Post pada hari Sabtu bahwa kesepakatan tentatif telah tercapai; seorang perwakilan Amerika Serikat menegaskan bahwa perundingan terus berlanjut namun terobosan masih ditunggu.

Pada hari Minggu, Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani mengumumkan di Doha bahwa perbedaan yang tersisa antara Hamas dan Israel “sangat kecil”. Qatar berperan penting dalam upaya mediasi dalam perang tersebut, termasuk pembebasan tawanan Israel.

Yang terakhir didengar mengenai masalah ini adalah pemimpin Hamas Ismail Haniyeh yang pada hari Selasa mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa para pihak “hampir mencapai kesepakatan gencatan senjata”. Pejabat Hamas lainnya mengatakan kepada Al Jazeera bahwa negosiasi dipusatkan pada durasi gencatan senjata, rincian pengiriman bantuan ke Gaza dan pertukaran sandera dan tahanan.

Dimana ada asap disitu ada api. Dengan sebagian besar pihak yang terlibat berupaya menghentikan sementara pembantaian di Gaza, kita harus berharap adanya langkah kecil untuk menghentikan sementara pembantaian tersebut.

Berikut adalah 5 dampak buruk bagi Israel jika gencatan senjata dengan Hamas diberlakukan.

1. Menghentikan Mesin Perang Israel

5 Dampak Buruk bagi Israel jika Gencatan Senjata dengan Hamas Diberlakukan

Foto/Reuters

Mesin perang Israel telah beroperasi dengan kekuatan penuh selama enam minggu di udara dan tiga minggu di darat di Gaza. Sejak serangan Hamas, pemboman udara Israel terus berlanjut dengan tingkat yang sangat tinggi.

Sudah jelas sejak hari pertama bahwa tujuan utama serangan tanpa ampun terhadap sasaran sipil Palestina bukanlah untuk tujuan militer. Awalnya, banyak analis percaya bahwa serangan udara yang intens berfungsi untuk menunjukkan kepada masyarakat Israel bahwa angkatan bersenjata melakukan sesuatu dan bahwa pemboman akan mereda setelah pasukan darat masuk.

"Bahkan negara yang membanggakan kesiapannya menghadapi perang perlu mempertahankan cadangan senjata dan amunisi yang besar," kata Zoran Kusovac, analis geopolitik dan perang Gaza, dilansir Al Jazeera.

Baca Juga: Segera Serbu RS Indonesia, Tentara Israel Perintahkan Evakuasi Pasien dalam 4 Jam

2. Strategi Perang Israel Melemah

5 Dampak Buruk bagi Israel jika Gencatan Senjata dengan Hamas Diberlakukan

Foto/Reuters

Omar Bradley, seorang jenderal Angkatan Darat AS pada Perang Dunia II, pernah berkata “amatir membicarakan strategi, profesional membicarakan logistik”.

Komandan garis depan Israel mungkin bersemangat untuk terus menggempur Gaza, apa pun yang terjadi, namun eselon belakang telah memperhitungkannya dan tidak menyukai hasilnya.

3. Israel Kehabisan Bom Pintar

5 Dampak Buruk bagi Israel jika Gencatan Senjata dengan Hamas Diberlakukan

Foto/Reuters

Ada laporan terpercaya yang lolos dari jaring kerahasiaan militer bahwa Angkatan Udara Israel (IAF) kehabisan bom pintar.

"Selalu sulit untuk menilai kredibilitas tuduhan dalam urusan militer. Kadang-kadang seorang perwira yang kecewa dengan partainya – terutama ketika mereka berperang di luar perbatasan atau menimbulkan kerugian besar bagi warga sipil – akan membocorkan rincian penting secara anonim," kata Kusovac.

Beberapa forum online khusus mengklaim bahwa IAF, yang telah mengerahkan lebih dari 2.500 perlengkapan bom pintar joint direct strike munition (JDAM) di Gaza, hanya memiliki sisa stok selama 10 hari.

"Setiap militer mengatur berapa banyak amunisi yang harus disimpan untuk keadaan darurat. Jumlah pastinya masih dirahasiakan, namun semuanya menunjukkan bahwa pemerintah Israel telah memberikan peringatan, meminta penambahan segera," ungkap Kusovac.

4. Israel Akan Dipasok Cadangan Amunisi dari AS

5 Dampak Buruk bagi Israel jika Gencatan Senjata dengan Hamas Diberlakukan

Foto/Reuters

Barang-barang militer khusus dapat dibeli untuk mengisi kekosongan. Pada tahun 1973, ketika Israel hampir kehabisan persediaan untuk berperang di Suriah, Mesir, dan sekutu Arabnya, AS meluncurkan “Operasi Rumput Nikel”, yang merupakan pengangkutan udara militer terbesar dalam sejarah. Angkatan Udara AS menerbangkan hampir 1.000 ton senjata dan amunisi ke Israel setiap hari, dengan total lebih dari 22.000 ton.

Hal serupa kini terulang kembali, meskipun dalam skala yang lebih kecil. Selama dua minggu terakhir, pesawat angkut C-17 AS telah mendarat secara teratur di bandara Ben Gurion di Tel Aviv dan di pangkalan udara Nevatim di gurun Negev.

"Sebagian besar pesawat terbang dari pangkalan udara Ramstein di Jerman, di mana AS memiliki gudang-gudang yang penuh dengan “stok siap pakai” – peralatan yang disisihkan untuk keadaan darurat militer," ujar Kusovac.

Tidak diragukan lagi bahwa pasokan yang lebih berat dan tidak terlalu mendesak dikirim ke Israel melalui laut. Diantaranya adalah roket pengisian ulang untuk versi terlacak dari sistem roket artileri mobilitas tinggi (HIMARS), sistem roket peluncuran ganda (MLRS) M270 yang banyak digunakan di Gaza.

5. Evaluasi Kegagalan Taktik Militer Israel

5 Dampak Buruk bagi Israel jika Gencatan Senjata dengan Hamas Diberlakukan

Foto/Reuters

Pasukan Israel juga akan menyambut baik penghentian pertempuran untuk mengevaluasi taktik mereka sejauh ini mengingat kinerja mereka melawan terowongan Hamas. Seperti yang telah diperingatkan oleh banyak analis – termasuk saya – meskipun ada anjing, robot, radar penembus tanah, dan teknologi lainnya, terowongan tersebut hanya dapat dihancurkan setelah tentara masuk ke dalam.

"Ini adalah tugas yang penuh darah, seperti yang dibuktikan minggu lalu ketika empat pasukan komando terbunuh oleh alat peledak rakitan setelah membuka penutup terowongan," papar Kusovac.

Beberapa hari yang lalu, seorang perwira Israel yang tidak disebutkan namanya yang memberi pengarahan kepada wartawan yang bertugas di pasukan Israel mengakui, “Kami tidak ingin pergi ke sana. Kami tahu mereka meninggalkan banyak bom samping untuk kami.” Mingguan The Jewish Chronicle yang berbasis di London melaporkan pada tanggal 16 November bahwa perintah tetap sudah jelas: “Tidak seorang pun diizinkan masuk ke dalam terowongan.”

Pasukan Israel juga harus melihat keefektifan pelatihan mereka yang diduga canggih dan terspesialisasi dalam simulator di Kota Gaza. Beberapa asumsi simulasi berdasarkan serangan ke Gaza pada tahun 2009 dan 2014 terbukti tidak dapat diterapkan pada tahun 2023. "Hal ini juga harus dianalisis mengapa begitu banyak tank Merkava, yang diyakini hampir tak terkalahkan, ternyata tidak berdaya. Laporan yang dapat dipercaya menunjukkan bahwa hingga 30 unit telah hancur atau terlalu rusak untuk digunakan," jelas Kusovac.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0705 seconds (0.1#10.140)