5 Dampak Buruk bagi Israel jika Gencatan Senjata dengan Hamas Diberlakukan

Kamis, 23 November 2023 - 20:20 WIB
loading...
A A A
"Selalu sulit untuk menilai kredibilitas tuduhan dalam urusan militer. Kadang-kadang seorang perwira yang kecewa dengan partainya – terutama ketika mereka berperang di luar perbatasan atau menimbulkan kerugian besar bagi warga sipil – akan membocorkan rincian penting secara anonim," kata Kusovac.

Beberapa forum online khusus mengklaim bahwa IAF, yang telah mengerahkan lebih dari 2.500 perlengkapan bom pintar joint direct strike munition (JDAM) di Gaza, hanya memiliki sisa stok selama 10 hari.

"Setiap militer mengatur berapa banyak amunisi yang harus disimpan untuk keadaan darurat. Jumlah pastinya masih dirahasiakan, namun semuanya menunjukkan bahwa pemerintah Israel telah memberikan peringatan, meminta penambahan segera," ungkap Kusovac.

4. Israel Akan Dipasok Cadangan Amunisi dari AS

5 Dampak Buruk bagi Israel jika Gencatan Senjata dengan Hamas Diberlakukan

Foto/Reuters

Barang-barang militer khusus dapat dibeli untuk mengisi kekosongan. Pada tahun 1973, ketika Israel hampir kehabisan persediaan untuk berperang di Suriah, Mesir, dan sekutu Arabnya, AS meluncurkan “Operasi Rumput Nikel”, yang merupakan pengangkutan udara militer terbesar dalam sejarah. Angkatan Udara AS menerbangkan hampir 1.000 ton senjata dan amunisi ke Israel setiap hari, dengan total lebih dari 22.000 ton.

Hal serupa kini terulang kembali, meskipun dalam skala yang lebih kecil. Selama dua minggu terakhir, pesawat angkut C-17 AS telah mendarat secara teratur di bandara Ben Gurion di Tel Aviv dan di pangkalan udara Nevatim di gurun Negev.

"Sebagian besar pesawat terbang dari pangkalan udara Ramstein di Jerman, di mana AS memiliki gudang-gudang yang penuh dengan “stok siap pakai” – peralatan yang disisihkan untuk keadaan darurat militer," ujar Kusovac.

Tidak diragukan lagi bahwa pasokan yang lebih berat dan tidak terlalu mendesak dikirim ke Israel melalui laut. Diantaranya adalah roket pengisian ulang untuk versi terlacak dari sistem roket artileri mobilitas tinggi (HIMARS), sistem roket peluncuran ganda (MLRS) M270 yang banyak digunakan di Gaza.

5. Evaluasi Kegagalan Taktik Militer Israel

5 Dampak Buruk bagi Israel jika Gencatan Senjata dengan Hamas Diberlakukan

Foto/Reuters

Pasukan Israel juga akan menyambut baik penghentian pertempuran untuk mengevaluasi taktik mereka sejauh ini mengingat kinerja mereka melawan terowongan Hamas. Seperti yang telah diperingatkan oleh banyak analis – termasuk saya – meskipun ada anjing, robot, radar penembus tanah, dan teknologi lainnya, terowongan tersebut hanya dapat dihancurkan setelah tentara masuk ke dalam.

"Ini adalah tugas yang penuh darah, seperti yang dibuktikan minggu lalu ketika empat pasukan komando terbunuh oleh alat peledak rakitan setelah membuka penutup terowongan," papar Kusovac.

Beberapa hari yang lalu, seorang perwira Israel yang tidak disebutkan namanya yang memberi pengarahan kepada wartawan yang bertugas di pasukan Israel mengakui, “Kami tidak ingin pergi ke sana. Kami tahu mereka meninggalkan banyak bom samping untuk kami.” Mingguan The Jewish Chronicle yang berbasis di London melaporkan pada tanggal 16 November bahwa perintah tetap sudah jelas: “Tidak seorang pun diizinkan masuk ke dalam terowongan.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0818 seconds (0.1#10.140)