Bukti Keberadaan Hamas di RS Al-Shifa Diragukan, Israel Meradang

Selasa, 21 November 2023 - 19:28 WIB
loading...
Bukti Keberadaan Hamas di RS Al-Shifa Diragukan, Israel Meradang
Bukti keberadaan Hamas di RS Al-Shifa diragukan, Israel meradang. Foto/Ilustrasi
A A A
TEL AVIV - Juru bicara militer Israel , Peter Lerner, meminta kantor berita yang berbasis di Inggris BBC untuk minta maaf karena mempertanyakan "bukti" keberadaan Hamas di Rumah Sakit Al-Shifa Jalur Gaza.

Lerner memposting rekaman CCTV dari X, bersama dengan deskripsi verbal tentang “senjata, peralatan komunikasi, RPGS, (dan) mobil pikap Toyota yang sarat dengan senjata” yang menurutnya ditemukan oleh tentara Israel di rumah sakit.

“Apakah BBCWorld akan meminta maaf? Akankah BowenBBC mengatakan saya salah?” Dia bertanya seperti dikutip dari Middle East Monitor, Selasa (21/11/2023).

Sebelumnya, dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada hari Sabtu, Editor Internasional BBC Jeremy Bowen mempertanyakan bukti yang diberikan oleh tentara Israel bahwa Rumah Sakit Al-Shifa telah digunakan sebagai “markas besar” Hamas.



Dia juga mengkritik pembatasan yang dilakukan tentara terhadap jurnalis asing yang melaporkan Al-Shifa dengan mengatakan bahwa “tidak ada pengawasan independen di dalam rumah sakit; jurnalis tidak bisa bergerak bebas ke Gaza, dan siapa pun yang melaporkan dari situs tersebut bekerja di bawah naungan militer Israel.”

BBC melaporkan bahwa pasukan pendudukan Israel telah merusak “bukti” yang dituduhkan di Al-Shifa sebelum mengizinkan wartawan masuk.

Israel menyerbu Rumah Sakit Al-Shifa di Jalur Gaza pada Rabu pekan lalu setelah sebelumnya mengepung rumah sakit itu. Mereka berdalih, serbuan di fasilitas medis ini untuk memburu kelompok Hamas.

Pasukan Israel telah mengepung al-Shifa, rumah sakit terbesar di Gaza, setelah melancarkan pertempuran sengit di jalanan dengan pasukan Hamas yang mereka tuduh memiliki pos komando di bawah kompleks fasilitas tersebut.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2364 seconds (0.1#10.140)