Erdogan: Turki akan Bangun Kembali Gaza Jika Gencatan Senjata Tercapai

Selasa, 21 November 2023 - 00:45 WIB
loading...
Erdogan: Turki akan Bangun Kembali Gaza Jika Gencatan Senjata Tercapai
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara pada Majelis Umum Persatuan Mahasiswa Nasional Turki ke-62 di Istanbul, Turki, pada 18 November 2023. Foto/Berk Ozkan/Anadolu Agency
A A A
ANKARA - Turki akan melakukan upaya membangun kembali infrastruktur yang rusak, rumah sakit dan sekolah di Gaza jika gencatan senjata tercapai di sana.

Media Turki melaporkan pernyataan itu dari Presiden Turki Tayyip Erdogan.

“Jika gencatan senjata tercapai, kami akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk mengkompensasi kehancuran yang disebabkan oleh Israel,” ujar Erdogan kepada wartawan di pesawatnya setelah kembali dari perjalanan ke Berlin, tempat dia mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Jerman.

“Kami akan melakukan upaya membangun kembali infrastruktur yang rusak di Gaza dan membangun kembali sekolah, rumah sakit, fasilitas air dan energi yang hancur,” papar dia seperti dikutip lembaga penyiaran, A Haber, di situsnya.

Awal pekan ini, Erdogan meminta Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan apakah Israel memiliki senjata nuklir dan dia kembali membahas masalah ini dalam komentarnya kepada wartawan, menyerukan inspeksi senjata nuklir di sana.

Israel diyakini memiliki senjata nuklir. Dengan kata lain, Israel merupakan satu-satunya negara di Timur Tengah yang diduga memiliki senjata nuklir.

Rezim Zionis tak pernah menyangkal tudingan memiliki senjata nuklir. Para pejabat Israel juga sering mengancam menghancurkan Gaza dengan bom nuklir.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)