Apa Target Israel Selanjutnya setelah Menyerang RS Al-Shifa di Gaza?

Sabtu, 18 November 2023 - 21:30 WIB
loading...
Apa Target Israel Selanjutnya setelah Menyerang RS Al-Shifa di Gaza?
RS Al Shifa menjadi fokus perhatian serangan Israel ke Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pasukan Israel kembali memasuki Rumah Sakit al-Shifa secara massal pada hari Kamis, untuk kedua kalinya dalam beberapa hari.

Pencarian mereka sejauh ini tampaknya gagal mengungkap dugaan pusat komando bawah tanah Hamas, yang menurut pihak Israel dengan tegas terletak di bawah fasilitas medis.

Hamas, staf rumah sakit dan beberapa organisasi internasional yang memiliki akses ke rumah sakit semuanya menegaskan bahwa tidak ada instalasi militer atau tentara di al-Shifa. Mereka mengatakan bahwa tempat tersebut hanya menampung para dokter yang kelelahan dan perawat yang bekerja terlalu keras untuk merawat pasien yang jumlahnya semakin banyak dan kondisinya semakin sulit, hal ini diperburuk oleh ratusan warga Palestina yang ketakutan dan melarikan diri dari kehancuran rumah mereka ke kompleks yang relatif aman.

Salah satu klaim utama Israel, yang jelas-jelas dimaksudkan untuk membenarkan serangan terhadap kompleks rumah sakit di Gaza, adalah bahwa Hamas telah membatalkan status perlindungan fasilitas medis, menggunakannya untuk tujuan militer, sehingga memberikan Israel hak untuk menyerang dan memasuki rumah sakit, sambil menyalahkan pihak Israel. Kelompok bersenjata Palestina.

Tentara Israel berusaha keras untuk “membuktikan” tuduhan mereka namun sejauh ini hasilnya tidak mendukung tuduhan tersebut. Awal pekan ini wartawan dari sebuah stasiun TV AS yang tergabung dalam pasukan penyerang dibawa ke Rumah Sakit Anak al-Rantisi oleh kepala juru bicaranya, Laksamana Muda Daniel Hagari. Tim berita diperlihatkan beberapa Kalashnikov dan sebuah sepeda motor. Hagari berusaha sekuat tenaga untuk meyakinkan media dan dunia bahwa itu adalah bukti dari tuduhan pihaknya.



Klaimnya dicerminkan di al-Shifa oleh bawahannya, Letkol Jonathan Conricus, yang menunjukkan sebagai “bukti kegiatan teroris” setengah lusin senapan serbu AK dengan magasinnya dilepas, sebuah laptop dan, dalam momen Monty Pythonesque, dua kaleng WD40 semprotan anti karat.

Siapa pun yang menghabiskan waktu di Timur Tengah atau dalam perang apa pun tahu bahwa Kalashnikov yang terhormat ada di mana-mana. Merupakan hal yang wajar dan sah jika rumah sakit memiliki penjaga bersenjata untuk melindungi mereka dari penjahat, penjarah, dan siapa pun yang ingin menyalahgunakannya.

Namun terlepas dari ketidaktahuan akan klaim-klaim ini dan perbedaan besar antara menunjukkan beberapa senjata dan mengklaim sebuah pusat komando utama di mana Hamas melakukan operasinya, lokasi di mana senjata-senjata tersebut diduga ditemukan cukup mengherankan: Conricus yang sombong bersikeras bahwa senjata-senjata itu disembunyikan di ruang MRI.

Al Jazeera bertanya kepada spesialis radiologi apakah mungkin menyembunyikan senjata di ruangan itu. Tanggapannya: “Saat mesin dihidupkan, ia akan menarik senjatanya dan menempelkannya ke dirinya sendiri.” Mesin MRI tidak dapat berfungsi dengan senapan di atasnya. Meminta seseorang untuk percaya bahwa rumah sakit mana pun di Gaza akan melepaskan salah satu mesin diagnostik utamanya untuk menyembunyikan tas berisi beberapa senjata adalah hal yang tidak masuk akal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)