Siapa Mohammed Dahlan? Kandidat Kuat Presiden Palestina yang Diprediksi Menggantikan Mahmoud Abbas

Sabtu, 18 November 2023 - 20:20 WIB
loading...
Siapa Mohammed Dahlan? Kandidat Kuat Presiden Palestina yang Diprediksi Menggantikan Mahmoud Abbas
Mohammed Dahlan disebut sebagai kandidat kuat pengganti Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Mohammed Dahlan, yang merupakan kepala keamanan Otoritas Palestina untuk Gaza sampai mereka kehilangan kendali atas jalur tersebut ke tangan Hamas dan telah diusulkan sebagai pemimpin masa depan pemerintahan pasca perang di Gaza. Selain itu, dia juga disebut sebagai kandidat kuat yang akan menggantikan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas.

“Jelas peremajaan kepemimpinan Palestina sangat dibutuhkan, namun mewujudkannya kembali adalah hal yang sangat sulit,” kata Joost R. Hiltermann, Direktur Program Timur Tengah dan Afrika Utara di International Crisis Group. Dia mengatakan negara-negara Arab dapat memveto kandidat mana pun yang tidak mereka sukai dan Hamas – yang telah menggambarkan dirinya sebagai pejuang kemerdekaan Palestina – kemungkinan besar akan memenangkan pemilu apa pun.

Berikut 7 fakta tentang Mohammed Dahlan, calon pemimpin Gaza versi Otoritas Palestina dan kandidat pengganti Mahmoud Abbas.

1. Kini Tinggal di Uni Ermirat Arab

Siapa Mohammed Dahlan? Kandidat Kuat Presiden Palestina yang Diprediksi Menggantikan Mahmoud Abbas

Foto/Reuters

Mantan orang kuat di Gaza, Mohammed Dahlan, kini telah menghabiskan lebih dari satu dekade di pengasingan di UEA, namun bukannya menghilang dari sorotan, ia justru mengumpulkan kekuatan baru sebagai pengusaha dan penasihat Presiden Mohamed bin Zayed al-Nahyan.

Di pengasingan di Uni Emirat Arab, Dahlan mengubah dirinya menjadi pengusaha sukses, membangun jaringan pertemanan internasional yang mengesankan di kalangan pejabat tinggi. Ia telah menemukan peran sebagai anak didik penguasa Abu Dhabi, yang dikenalnya sejak 1993, dan menampilkan Dahlan di depan umum sebagai “saudaranya”.

Selama berada di UEA, Dahlan juga menjalin hubungan dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi karena musuh yang sama: Ikhwanul Muslimin, sebuah kelompok Islam yang mana Hamas adalah cabangnya dan merupakan cabang Palestina.

“UEA mengubah Dahlan menjadi sub-kontraktor mereka dalam perang melawan Ikhwanul Muslimin,” kata sebuah sumber anonim kepada jurnalis Palestina untuk Le Monde pada tahun 2017. “Dari semua pemimpin Palestina generasi kedua, [Dahlan] adalah salah satu yang telah kontak terbanyak di tempat-tempat tinggi di wilayah tersebut. Dia telah membangun jaringan yang luas jangkauannya.”

Surat kabar Perancis tersebut mengungkapkan dalam artikelnya bahwa politisi Palestina tersebut telah menjadi pemegang paspor Serbia yang diberikan oleh Presiden Serbia Aleksandar Vucic atas “layanan baik” Dahlan setelah UEA mendapatkan kontrak yang menguntungkan di negara Balkan tersebut.

Le Monde menyatakan bahwa Dahlan mungkin juga berperan dalam kemungkinan pengiriman senjata UEA yang diperoleh di Balkan untuk pemimpin militer Khalifa Haftar, yang pasukannya mendominasi Libya timur.

2. Didukung Israel dan AS

Siapa Mohammed Dahlan? Kandidat Kuat Presiden Palestina yang Diprediksi Menggantikan Mahmoud Abbas

Foto/Reuters

Meskipun sudah lama absen dari Wilayah Palestina, Dahlan masih dianggap sebagai pemimpin potensial di Gaza – jika Hamas digulingkan dari kekuasaan.

“Mohammed Dahlan berasal dari Gaza dan merupakan salah satu pahlawan intifada pertama [pemberontakan Palestina yang bertujuan mengakhiri pendudukan Israel di Gaza dan Tepi Barat pada tahun 1987 hingga 1993],” kata koresponden FRANCE 24 di Israel, Stéphane Amar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0828 seconds (0.1#10.140)