5 Ketakutan Israel saat Perang Panjang Melawan Hamas di Gaza

Sabtu, 18 November 2023 - 19:19 WIB
loading...
5 Ketakutan Israel saat Perang Panjang Melawan Hamas di Gaza
Tentara Israel mempunyai banyak ketakutan dengan perang panjang di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel berisiko menghadapi pemberontakan yang panjang dan berdarah jika mereka mengalahkan Hamas dan menduduki Gaza tanpa rencana pascaperang yang kredibel untuk menarik pasukannya dan bergerak menuju pembentukan negara Palestina.

Sejauh ini belum ada gagasan yang dilontarkan oleh Israel, Amerika Serikat, dan negara-negara Arab mengenai pemerintahan Gaza pascaperang yang berhasil mendapatkan dukungan, menurut dua pejabat AS dan empat pejabat regional serta empat diplomat yang akrab dengan diskusi tersebut, sehingga menimbulkan kekhawatiran. militer Israel mungkin akan terperosok dalam operasi keamanan yang berkepanjangan.

Berikut adalah 5 ketakutan Israel dengan perang panjang melawan Hamas di Gaza.

1. Penguasaan Cepat Gaza yang Cepat, Justru Jadi Momok bagi Israel

5 Ketakutan Israel saat Perang Panjang Melawan Hamas di Gaza

Foto/Reuters

Ketika Israel memperketat kendalinya atas Gaza utara, beberapa pejabat di Washington dan negara-negara Arab khawatir Israel mengabaikan pelajaran dari invasi AS ke Irak dan Afghanistan ketika kemenangan militer yang cepat diikuti oleh militansi yang kejam selama bertahun-tahun.

Jika pemerintahan Hamas di Gaza digulingkan, infrastrukturnya hancur dan perekonomiannya hancur, radikalisasi masyarakat yang marah dapat memicu pemberontakan yang menargetkan pasukan Israel di jalan-jalan sempit di wilayah tersebut, kata para diplomat dan pejabat.

Israel, AS, dan banyak negara Arab sepakat bahwa Hamas harus digulingkan setelah mereka melancarkan serangan lintas batas pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera sekitar 240 orang. Namun belum ada konsensus mengenai apa yang harus menggantikannya.


2. Otoritas Palestina Tidak Akan Mampu Memimpin Gaza

5 Ketakutan Israel saat Perang Panjang Melawan Hamas di Gaza

Foto/Reuters

Negara-negara Arab dan sekutu Barat mengatakan bahwa Otoritas Palestina (PA) yang telah direvitalisasi – yang sebagian memerintah Tepi Barat – adalah kandidat yang tepat untuk memainkan peran yang lebih besar di Gaza, yang merupakan rumah bagi sekitar 2,3 juta orang.

Namun kredibilitas Otoritas – yang dipimpin oleh Partai Fatah pimpinan Presiden Mahmoud Abbas yang berusia 87 tahun – telah dirusak oleh hilangnya kendali atas Gaza oleh Hamas dalam konflik tahun 2007, kegagalan mereka untuk menghentikan penyebaran pemukiman Israel di Tepi Barat, dan tuduhan korupsi dan ketidakmampuan yang meluas.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada akhir pekan bahwa Otoritas Palestina dalam bentuknya yang sekarang tidak seharusnya mengambil alih Gaza. Dia mengatakan militer Israel adalah satu-satunya kekuatan yang mampu melenyapkan Hamas dan memastikan terorisme tidak muncul kembali. Setelah komentar Netanyahu, para pejabat Israel bersikeras bahwa Israel tidak bermaksud menduduki Jalur Gaza.

3. Tidak Ada Pemimpin Hamas yang Menyerah

5 Ketakutan Israel saat Perang Panjang Melawan Hamas di Gaza

Foto/Reuters

Mohammed Dahlan, yang merupakan kepala keamanan PA untuk Gaza sampai mereka kehilangan kendali atas jalur tersebut ke tangan Hamas dan telah diusulkan sebagai pemimpin masa depan pemerintahan pasca perang di sana, mengatakan bahwa Israel salah jika percaya bahwa mereka akan memperketat kendalinya atas Gaza akan mengakhiri konflik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)