3 Kemunafikan Terbesar Amerika Serikat, Teriak HAM Sembari Suplai Senjata dan Uang untuk Israel

Jum'at, 17 November 2023 - 16:26 WIB
loading...
3 Kemunafikan Terbesar Amerika Serikat, Teriak HAM Sembari Suplai Senjata dan Uang untuk Israel
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Di tengah ketegangan Israel dan Hamas sejak 7 Oktober 2023, banyak negara yang memandang adanya kemunafikan yang dilakukan oleh Amerika Serikat. Sebagai negara super power, Amerika Serikat belum bisa menghentikan ketegangan itu.

Sebagian besar negara di dunia mengecam tindakan yang dilakukan Israel yang disebut - sebut melakukan genosida di Jalur Gaza. Alih - alih menjadi penengah, Amerika Serikat justru menunjukan dukungan terhadap Israel.

Tak heran jika banyak negara di dunia menganggap Amerika Serikat munafik. Lantas apa saja kemunafikan terbesar Amerika Serikat selama ini? berikut ulasannya:

Kemunafikan Terbesar Amerika Serikat

1. Joe Biden Terus Mengirim Amunisi untuk Israel


Setelah Hamas meluncurkan “Operasi Badai Al-Aqsa” pada 7 Oktober 2023 terhadap Israel, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menjadi salah satu pemimpin barat yang mengunjungi Tel Aviv untuk menunjukan dukungan terhadap Israel.

Sebagai pendukung utama Israel, Amerika Serikat juga mengirimkan dua kapal induk ke wilayah tersebut dan hal ini mengindikasikan bahwa mereka dapat mengerahkan 2.000 tentara AS ke Israel dalam rangka bantuan.

Selain itu, Amerika Serikat diam-diam telah meningkatkan bantuan militer ke Israel, memenuhi permintaan yang mencakup lebih banyak rudal berpemandu laser untuk armada tempur Apache, serta peluru 155mm, perangkat penglihatan malam, amunisi penghancur bunker, dan kendaraan militer baru, menurut sebuah laporan.

Hal ini terus dilakukan Amerika Serikat di saat seluruh dunia mengecam apa yang dilakukan Israel terhadap warga sipil Gaza yang sudah menelan puluhan ribu korban jiwa hingga hari ini.
Selain itu, sejak didirikannya negara Israel, Amerika Serikat menjadi pemasok bantuan militer terbesar ke Israel dengan kontribusi sekitar $130 miliar atau setara dengan Rp2 kuadriliun.

Dengan AS bantuan, Israel telah membentuk salah satu militer paling tangguh dan berteknologi maju di Timur Tengah.

Pemerintahan Partai Republik dan Demokrat serta para pemimpin bipartisan di Kongres telah menyetujui bantuan kepada Israel selama beberapa dekade. Sebagai imbalannya, AS telah membangun sekutu militer strategis di Timur Tengah.

Sebagai bagian dari perjanjian yang dicapai di bawah pemerintahan Obama, Israel menerima $3,8 miliar per tahun untuk sistem pertahanan militer dan rudalnya.

Israel adalah penerima terbesar pendanaan militer luar negeri AS, yang mewakili sekitar 15% anggaran pertahanan negara tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

2. Amerika Serikat Melakukan Standar Ganda


Banyak pihak yang menyoroti sikap Amerika Serikat yang memberlakukan standar ganda. Hal ini terlihat dari reaksi mereka terhadap pembunuhan warga sipil Israel dan ketiadaan reaksi terhadap pembunuhan warga sipil Palestina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)