Jerman Disebut Ogah Jual Jet Tempur Typhoon ke Turki karena Sebut Israel Negara Teroris

Jum'at, 17 November 2023 - 14:56 WIB
loading...
Jerman Disebut Ogah Jual Jet Tempur Typhoon ke Turki karena Sebut Israel Negara Teroris
Jerman dilaporkan menolak menjual 20 jet tempur Eurofighter Typhoon kepada Turki setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan menyebut Israel sebagai negara teroris. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Pemerintah Jerman dilaporkan menolak menjual 20 jet tempur Eurofighter Typhoon kepada Turki.

Penolakan ini terjadi setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut Israel sebagai negara teroris yang melakukan pembantaian di Gaza, Palestina.

Kecaman keras Turki terhadap Israel atas operasi militernya di Gaza telah memicu tanggapan keras dari Jerman, sekutu setia Tel Aviv, yang menandakan kesiapan untuk melakukan pembalasan.

Seorang pejabat senior Berlin, yang dikutip DSA, Jumat (17/11/2023), Kanselir Jerman Olaf Scholz berencana mengumumkan pemblokiran terhadap permintaan Ankara untuk membeli 20 unit jet tempur Eurofighter Typhoon.



Erdogan dilaporkan akan menyampaikan permintaan negaranya untuk membeli jet tempur tersebut dalam pertemuan dengan Kanselir Scholz di Berlin pada hari Jumat.

Erdogan ingin Jerman mencabut larangan ekspor senjata yang diberlakukan Berlin terhadap Ankara, sehingga Turki dapat melanjutkan proses akuisisi jet tempur yang diproduksi oleh empat negara Eropa.

Jika Jerman secara resmi menolak permintaan Turki, hal ini dapat memperburuk hubungan diplomatik kedua negara anggota NATO.

Menyusul serangan brutal Israel di Gaza, yang telah merenggut lebih dari 11.000 nyawa, Turki mengutuk Tel Aviv dan menjulukinya sebagai “negara teroris".

Turki juga menolak menyebut Hamas sebagai organisasi teroris, bertentangan dengan sikap negara-negara Eropa lainnya dan negara-negara anggota NATO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)