Menachem Begin, Pentolan Teroris yang Jadi PM Israel

Jum'at, 17 November 2023 - 14:30 WIB
loading...
Menachem Begin, Pentolan Teroris yang Jadi PM Israel
PM Israel Benjamin Netanyahu berpose dengan latar belakang poster Menachem Begin, pemimpin kelompok teroris Irgun yang menjadi PM keenam Israel. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Surat fenomenal fisikawan genius Albert Einstein yang membela Palestina telah memberikan petunjuk tentang akar-akar teroris sudah ada di dalam kepemimpinan Negara Israel pada awal pendiriannya tahun 1948.

Yang terhormat,

Ketika bencana nyata dan terakhir menimpa kita di Palestina, pihak pertama yang bertanggung jawab adalah Inggris, dan pihak kedua adalah organisasi teroris yang dibangun dari pihak kita sendiri. Saya tidak ingin melihat siapa pun dikaitkan dengan orang-orang yang menyesatkan dan kriminal itu.

Hormat kami,

Albert Einstein.

Surat pendek ilmuwan Yahudi yang berisi sekitar 50 kata itu ditujukan kepada Shepard Rifkin, Direktur Eksekutif American Friends of the Fighters for the Freedom of Israel, yang berbasis di New York.



Kelompok itu awalnya diluncurkan untuk mempromosikan ide-ide anti-Inggris dan mengumpulkan uang di Amerika untuk membeli senjata guna mengusir Inggris keluar dari Palestina.

Kata teroris dalam surat Einstein itu disimpulkan banyak pihak mengacu pada sosok Menachem Begin. Dia adalah pemimpin kelompok teroris Zionis; Irgun—revisionis yang memisahkan diri dari organisasi paramiliter Yahudi yang lebih besar; Haganah.

Begin kemudian menjadi menjadi politikus dengan memimpin Partai Herut—cikal bakal Partai Likud pimpinan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)