4 Alasan Turki Terus Menunda Upaya Swedia Menjadi Anggota NATO

Jum'at, 17 November 2023 - 01:10 WIB
loading...
4 Alasan Turki Terus Menunda Upaya Swedia Menjadi Anggota NATO
Turki memiliki banyak kepenting dalam menunda upaya Swedia menjadi anggota NATO/ Foto/Reuters
A A A
ANKARA - Sebuah komisi parlemen Turki membahas dan kemungkinan menyetujui tawaran Swedia untuk menjadi anggota NATO pada Kamis. Itu sebagai langkah terbaru menuju perluasan blok Barat setelah penundaan selama 18 bulan yang membuat beberapa sekutu frustrasi dan mendapatkan beberapa konsesi.

Pada bulan Mei tahun lalu, Presiden Tayyip Erdogan mengajukan keberatan terhadap permintaan Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan aliansi militer. Negara-negara Nordik mengajukan tawaran tersebut dalam menghadapi invasi Rusia ke Ukraina.

Turki meratifikasi tawaran Finlandia pada bulan April namun, bersama dengan anggota NATO Hongaria, membuat Swedia menunggu, menuntut Stockholm mengambil lebih banyak langkah untuk menindak apa yang dianggapnya sebagai teroris di yurisdiksinya.

Berikut adalah 4 fakta mengenai apa yang telah dilakukan Stockholm, Helsinki, Washington dan anggota NATO lainnya untuk mengatasi kekhawatiran Ankara, yang menandai apa yang menurut para analis merupakan kemenangan geopolitik bagi Erdogan bahkan ketika ia telah memperburuk hubungan Turki dengan Barat.

1. Konsesi Apa yang Dibuat Swedia

4 Alasan Turki Terus Menunda Upaya Swedia Menjadi Anggota NATO

Foto/Reuters

Pada pertemuan NATO di Madrid tahun lalu, Turki mencapai kesepakatan dengan Swedia dan Finlandia di mana mereka akan mencabut embargo senjata dan mengambil tindakan terhadap anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang, dan gerakan Gulen yang dipimpin Ankara. bertanggung jawab atas upaya kudeta tahun 2016.

Tahun lalu, Stockholm membatalkan larangan mengekspor peralatan militer ke Turki, tanpa mengungkapkan rincian perusahaan atau produknya.

Pada bulan Juni, mereka memperkenalkan undang-undang anti-terorisme baru yang menjadikan keanggotaan organisasi teroris sebagai tindakan ilegal, dan menyatakan bahwa mereka menjunjung tinggi bagian mereka dalam perjanjian tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, pengadilan tinggi Swedia memblokir ekstradisi dua warga Turki yang menurut Ankara adalah penganut Gulen, sementara pengadilan banding menguatkan hukuman terhadap seorang pria karena berupaya membiayai PKK, yang juga dianggap sebagai kelompok teroris oleh Uni Eropa dan Amerika.

Secara terpisah, dalam menanggapi kritik di Turki dan negara-negara mayoritas Muslim lainnya, Menteri Kehakiman Gunnar Strommer mengatakan Swedia sedang mempertimbangkan apakah mereka dapat mengubah undang-undang untuk menghentikan orang membakar kitab suci Al-Quran di depan umum.

Finlandia pada tahun lalu sepakat untuk mempertimbangkan pemberian izin ekspor senjata ke Turki berdasarkan kasus per kasus. Setelah hampir setahun menunggu, Ankara mengatakan Helsinki telah mendapatkan restunya.

2. Negara NATO Lainnya Memberikan Konsensi kepada Turki

4 Alasan Turki Terus Menunda Upaya Swedia Menjadi Anggota NATO

Foto/Reuters

Ketika Erdogan memberi isyarat pada konferensi NATO pada bulan Juli bahwa Swedia pada akhirnya akan mendapatkan lampu hijau, anggota NATO Kanada diam-diam setuju untuk membuka kembali pembicaraan dengan Turki mengenai pencabutan kontrol ekspor komponen drone, termasuk peralatan optik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)