Menlu Retno Bicara soal Negara-negara Pasifik Usik Papua

Kamis, 26 Oktober 2017 - 14:42 WIB
Menlu Retno Bicara soal Negara-negara Pasifik Usik Papua
Menlu Retno Bicara soal Negara-negara Pasifik Usik Papua
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi bicara soal sikap negara-negara kawasan Pasifik yang kerap menyuarakan isu kemederdekaan Papua di forum PBB. Menurutnya, negara-negara tersebut berhak berpendapat tapi Indonesia menegaskan tak akan mundur untuk menghadapi separatisme.

Pernyataan Menlu Retno ini muncul saat menyampaian capaian kinerja tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari sisi hubungan internasional. Menurutnya, wilayah Pasifik Selatan menjadi salah satu fokus politik luar negeri Indonesia.

”Kawasan Pasifik Selatan selalu jadi priportas politik luar negeri Indonesia, dalam tiga tahun terakhir presensi Indonesia dalam forum di Pasifik Selatan selalu terlihat,” kata Retno, pada Kamis (26/10/2017).

”Dan pada saat Pasifik Selatan mengalami bencana, Indonesia juga termasuk negara yang berusaha untuk membantu,” ujarnya.

Mengenai adanya negara Pasifik Selatan yang kerap melemparkan kritik terhadap Indonesia di forum PBB terkait Papua, Retno menganggapnya sebagai hak berpendapat.

”Di PBB, semua negara memiliki kebebasan untuk menyampaikan pendapatnya. Tidak banyak, beberapa negara menyampaikan isu mengenai Papua, itu adalah hak mereka, dan hak kita adalah untuk menjelaskan,” katanya.

”Saya ingin menggarisbawahi, kalau kita bicara mengenai separatisme, di situlah titik berhenti. Kita tidak akan mundur satu inci pun kalau kita berbicara mengenai separatisme,” tegas Retno.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4992 seconds (0.1#10.140)