Hizbullah Bakal Ikut Terjun Perang Hamas-Israel Jika...

Selasa, 14 November 2023 - 22:50 WIB
loading...
Hizbullah Bakal Ikut Terjun Perang Hamas-Israel Jika...
Hamas ungkap kondisi Hizbullah ikut campur perang dengan Israel di Jalur Gaza. Foto/Ilustrasi
A A A
JALUR GAZA - Hizbullah hanya akan meningkatkan keterlibatannya dalam konflik antara Israel dan Hamas jika faksi Palestina itu benar-benar tersingkir dari Jalur Gaza. Hal itu diungkapkan juru bicara senior Hamas.

Berbicara pada hari Senin, perwakilan Hamas di Beirut, Ahmed Abdul Hadi, mengatakan kelompok militan sekutunya belum siap untuk berperang, dan hanya akan meningkatkan operasi melawan Israel jika Hamas kalah total.

“Sekarang bukan waktunya,” kata Hadi seperti dikutip NBC News.

“Garis merah bagi Hizbullah adalah penghancuran total perlawanan di Gaza,” imbuhnya seperti dikutip dari RT, Selasa (14/11/2023).



Meskipun pasukan Israel telah beberapa kali saling baku tembak dengan pejuang Hizbullah di perbatasan dengan Lebanon dalam beberapa pekan terakhir, orang kedua di komando kelompok tersebut, Naim Qassem, mengatakan bahwa bentrokan tersebut hanya demi mengurangi tekanan terhadap Gaza.

Pejabat senior lainnya menolak untuk mengatakan apa yang menjadi ‘garis merah’ Hizbullah untuk keterlibatan lebih lanjut, dan menyatakan bahwa tanggapan mereka akan bergantung pada tindakan Israel.

Namun, saat berbicara pada hari Sabtu, pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah menyatakan bahwa kelompok tersebut meningkatkan aktivitasnya, dengan mengatakan telah terjadi “peningkatan” dalam operasi di sepanjang garis depan mereka dengan Israel.

“Ada peningkatan kuantitatif dalam jumlah operasi, ukuran dan jumlah target, serta peningkatan jenis senjata,” kata Nasrallah, demikian menurut Reuters.

Militer Israel telah memperingatkan bahwa Hizbullah akan membuat “kesalahan besar” jika mereka meningkatkan serangan terhadap pasukan Zionis, dan mengklaim telah membunuh hampir 80 pejuang kelompok tersebut dalam bentrokan baru-baru ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)