300.000 Demonstran Pro dan Kontra-Palestina Banjiri London, Situasi Kacau

Minggu, 12 November 2023 - 11:20 WIB
loading...
300.000 Demonstran Pro dan Kontra-Palestina Banjiri London, Situasi Kacau
Ratusan ribu demonstran pro-Palestina banjiri London, Inggris. Muncul juga massa kontra-Palestina, yang membuat situasi menjadi kacau. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Lebih dari 300.000 demonstran pro dan kontra-Palestina telah membanjiri London, Inggris, pada Sabtu (11/11/2023). Situasi berubah menjadi kekacauan ketika para demonstran bentrok dengan polisi dan menembakkan kembang api di jalan.

Ratusan ribu pendukung pro-Palestina melakukan unjuk rasa di London menyerukan gencatan senjata dalam perang Israel di Gaza, yang merupakan unjuk rasa terbesar di kota tersebut hingga saat ini.

Muncul juga gelombang pengunjuk rasa memprotes pawai pro-Palestina, yang diadakan pada Hari Gencatan Senjata—hari di mana Inggris memperingati kematian pasukannya dalam perang dengan upacara khidmat di tugu peringatan perang.

Aksi unjuk rasa tersebut berlanjut setelah ketegangan selama seminggu, yang menyebabkan pemerintah menyerukan agar aksi tersebut dibatalkan, dan polisi mengatakan mereka telah melakukan sejumlah penangkapan.



Sekitar 150 orang dari protes massal ditahan berdasarkan undang-undang ketertiban umum karena mengenakan penutup wajah dan menyalakan kembang api, sementara 82 pengunjuk rasa ditahan untuk mencegah mereka menyusup ke dalam pawai utama.

Polisi menyita sejumlah senjata dari pengunjuk rasa, termasuk pisau dan knuckleduster.

Sekitar 1.850 petugas polisi, termasuk beberapa dari pasukan lain di Inggris, telah dikerahkan untuk menjaga perdamaian.

"Operasi ini terjadi dalam situasi yang unik, dengan latar belakang konflik di Timur Tengah, pada Hari Gencatan Senjata dan setelah seminggu perdebatan sengit mengenai protes dan kepolisian. Semua ini digabungkan untuk meningkatkan ketegangan masyarakat," kata Asisten Komisaris Polisi Matt Twist, seperti dikutip AFP, Minggu (12/11/2023).

Dia menambahkan “kekerasan ekstrem” yang dilakukan oleh para pengunjuk rasa adalah “luar biasa dan sangat memprihatinkan”.

“Mereka datang lebih awal, menyatakan mereka ada di sana untuk melindungi monumen, tetapi ada juga yang sudah mabuk, agresif dan jelas-jelas mencari konfrontasi,” lanjut dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)