6 Sebab Negara-negara Arab Hanya Mengecam tapi Tak Berani Beri Sanksi pada Israel

Sabtu, 11 November 2023 - 18:30 WIB
loading...
A A A

3. Faktor Militer


Israel memiliki kekuatan militer yang superior dibandingkan negara-negara Arab. Negara-negara Arab khawatir bahwa penerapan sanksi akan memicu konflik militer dengan Israel.

Israel memiliki angkatan bersenjata yang kuat, termasuk pasukan udara, laut, dan darat. Negara-negara Arab tidak memiliki kekuatan militer yang setara dengan Israel. Negara-negara Arab khawatir bahwa mereka tidak akan mampu melawan Israel dalam konflik militer.

Apalagi Israel selalu mendapat dukungan secara militer dari Amerika Serikat (AS). Negeri Paman Sam itu telah menjadi pemasok senjata utama negara Zionis tersebut.

4. Faktor Internal


Negara-negara Arab memiliki masalah internal mereka sendiri, seperti konflik bersenjata dan korupsi. Hal ini membuat negara-negara Arab sulit untuk bersatu dan bekerja sama untuk menerapkan sanksi terhadap Israel.

Antara negara-negara di Timur Tengah masih mengalami sengketa atas berbagai masalah, mulai dari masalah perbatasan hingga kehadiran milisi bersenjata.

5. Faktor Internasional


Negara-negara besar, seperti Amerika Serikat, tidak mendukung penerapan sanksi terhadap Israel. Amerika Serikat adalah sekutu dekat Israel, dan negara ini telah memberikan bantuan militer dan ekonomi yang besar kepada Israel.

Negara-negara Barat di benua Eropa juga sebagian besar memberikan dukungan dan kekebalan hukum pada Israel dari berbagai tuntutan dan kecaman internasional.

6. Perjanjian Abraham


Negara-negara Arab yang menandatangani Perjanjian Abraham, yaitu Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Maroko, dan Sudan, telah mengecam pembantaian yang dilakukan Israel pada warga Palestina.

Namun, mereka tidak mengambil langkah-langkah konkret untuk menghentikan pembantaian tersebut, seperti menerapkan sanksi tegas terhadap Israel.

UEA telah mengeluarkan pernyataan yang mengecam pembantaian yang dilakukan Israel. UEA juga telah menyerukan kepada Israel untuk menghentikan serangannya terhadap warga Palestina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0816 seconds (0.1#10.140)