Deretan Pemimpin Barat Pendukung Israel

Sabtu, 11 November 2023 - 11:37 WIB
loading...
Deretan Pemimpin Barat Pendukung Israel
Sejumlah pemimpin Barat memberikan dukungan mereka terhadap Israel dalam konflik di Jalur Gaza dengan alasan membela diri. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Sebulan lebih sudah konflik antara Palestina-Israel pecah, bahkan semakin sengit. Israel dengan segala keunggulannya di bidang militer secara membabi buta membombardir Jalur Gaza, wilayah yang diperintah oleh Hamas.

Aksi itu dilakukan sebagai tanggapan atas serangan yang dilakukan kelompok perlawanan Islam asal Palestina itu pada 7 Oktober lalu yang menewaskan 1.200 warga sipil Israel, awalnya disebut 1.400, dan menculik lebih dari 200 orang.

Meski dunia internasional terus menggecam aksi brutal yang dilakukan Israel, namun ada sejumlah pemimpin dunia yang mendukung Israel dengan alasan negara Zionis itu mempunyai hak membela diri. Mereka kebanyakan adalah pemimpin Barat yang selama ini memang dikenal sebagai sekutu Israel.

Berikut adalah deretan pemimpin dunia yang mendukung aksi brutal Israel yang dirangkum dari sejumlah sumber.

Pemimpin Dunia yang Mendukung Israel

1. Joe Biden (AS)

Deretan Pemimpin Barat Pendukung Israel

Foto: WHYY

Sebagai sekutu kental Israel, Amerika Serikat (AS) berada di barisan terdepan dalam membelanya. Presiden AS Joe Biden menegaskan dukungannya terhadap Israel sesaat setelah Hamas melancarkan serangan yang mengejutkan. Ia bahkan sempat meyakini jika Hamas memenggal kepala bayi-bayi Israel sebelum akhirnya diklarifikasi oleh Gedung Putih.

Ia bahkan menolak akan kemungkinan adanya gencatan senjata meski dunia internasional meminta agar itu dilakukan agar bisa memberikan bantuan bagi warga sipil di Jalur Gaza.

Sebaliknya, Biden dilaporkan meminta Israel untuk memberlakukan jeda kemanusiaan yang dalam perkembangannya dikatakan telah diterima oleh Israel.

2. Emmanuel Macron (Prancis)

Deretan Pemimpin Barat Pendukung Israel

Foto: HRW

Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam sebuah wawancara dengan BBC meminta Israel untuk menghentikan pemboman di Jalur Gaza karena tidak ada pembenaran atas itu. Ia pun menyerukan agar diberlakukan gencatan senjata di Jalur Gaza.

Meski mencoba bersikap seimbang atas konflik di Jalur Gaza, itu tidak menutup dukungannya untuk Israel.

Dalam kunjungannya ke Israel pada akhir Oktober lalu, Macron menunjukkan solidaritasnya kepad Israel.

“Ini demi kepentingan Israel dan keamanannya. Perjuangan ini harus dilakukan dengan kejam namun bukan tanpa aturan, karena kita adalah negara demokrasi yang memerangi teroris,” katanya Macron, seraya menambahkan bahwa hukum perang dan “akses kemanusiaan” terhadap warga sipil harus ditegakkan.

3. Rishi Sunak (Inggris)

Deretan Pemimpin Barat Pendukung Israel

Foto: Reuters

Sentimen solidaritas kepada Israel juga dari kawasan Atlantik. Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dengan tegas mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri dari terorisme, sambil menekankan pentingnya mengambil semua tindakan yang mungkin dilakukan untuk meminimalkan korban sipil..

Sunak pun menyatakan perlunya respons internasional yang terpadu terhadap serangan yang diatur oleh Hamas.

Dia mengatakan Inggris fokus untuk mengamankan kembalinya para sandera dan segera memastikan warga negara Inggris dan lainnya dapat meninggalkan Gaza, melalui penyeberangan Rafah atau rute lainnya.

4. Justin Trudeau (Kanada)

Deretan Pemimpin Barat Pendukung Israel

Foto: Reuters

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengutuk serangan yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober lalu dengan mengatakan hal itu sama sekali tidak dapat diterima.

“Kemarin pagi, pada hari libur Yahudi dan 50 tahun setelah dimulainya Perang Yom Kippur, organisasi teroris Hamas melancarkan serangan besar-besaran dan terkoordinasi terhadap Israel. Kanada dengan tegas mengutuk serangan mengerikan ini dan menegaskan kembali dukungannya terhadap hak Israel untuk mempertahankan diri, sesuai dengan hukum internasional,” tegas Trudeau.

Ia pun Dia menegaskan dukungan Kanada yang tak tergoyahkan terhadap hak Israel untuk membela diri, dan juga menyerukan seruan global untuk melindungi kehidupan warga sipil.

5. Olaf Scholz (Jerman)

Deretan Pemimpin Barat Pendukung Israel

Foto: The New Arab

Kanselir Jerman Olaf Scholz juga termasuk ke dalam daftar ini. Ia bahkan dengan lantang memperingatkan Iran untuk tidak ikut campur dalam konflik di Jalur Gaza.

“Hari ini adalah tentang memperjelas bersama (sebagai anggota UE) bahwa kami mendukung Israel dalam membela negaranya sendiri dari serangan mengerikan Hamas,” kata Scholz jelang pertemuan puncak pada pemimpin Uni Eropa beberapa waktu lalu.

“Oleh karena itu, Hizbullah tidak boleh memasuki perang di utara dengan aktivitasnya sendiri atau Iran dan proksinya mencoba melakukan intervensi di sini,” katanya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0856 seconds (0.1#10.140)