alexa snippet

Korut Akui Crimea Bagian dari Rusia

Korut Akui Crimea Bagian dari Rusia
Korut akui Semenanjung Crimea bagian dari Rusia. Foto/Istimewa
A+ A-
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) telah merilis sebuah peta dunia yang menunjukkan Crimea sebagai bagian dari Rusia. Demikian pernyataan Kedutaan Besar Rusia di Korut di halaman Facebooknya.

Menurut pernyataan tersebut, Kementerian Luar Negeri Korut menandai posisinya mengenai masalah tersebut dalam pemungutan suara PBB dan menganggap Krimea sebagai bagian integral Federasi Rusia. Pyongyang juga mengatakan bahwa pihaknya mengakui Kepulauan Kuril sebagai wilayah Rusia.

"Rumah penerbitan Scientific Encyclopedia merilis Atlas Politik Dunia yang baru. Kami melihat bahwa semenanjung Crimea (halaman 240-242) telah dicat dengan warna-warna Rusia Seperti yang kami jelaskan di Kementerian Luar Negeri DPRK, republik ini menghormati hasil referendum yang diadakan di Crimea saat memasuki semenanjung tersebut ke Federasi Rusia, menganggap hasilnya sah dan sepenuhnya sesuai dengan norma hukum internasional," kata kedutaan Rusia menggunakan akronim untuk Korut seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (13/10/2017).

Krimea bergabung dengan Rusia pada Maret 2014 setelah sebuah kudeta di ibukota Ukraina yang menyebabkan pemerintah nasionalis mengambil alih kekuasaan. Langkah tersebut dilakukan setelah 97 persen pemilih lokal mendukung langkah tersebut dalam sebuah referendum. Ukraina, serta Uni Eropa, Amerika Serikat dan sekutunya, tidak mengakui hal tersebut dan menganggap semenanjung itu sebagai wilayah yang diduduki.

Pemerintah Rusia telah berulang kali mengatakan bahwa warga Crimea telah memilih untuk melakukan reunifikasi dengan Rusia sesuai dengan hukum internasional dan Piagam PBB.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top