Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan AS, Dua Negara yang Tengah Bersitegang

Selasa, 07 November 2023 - 15:46 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan AS, Dua Negara yang Tengah Bersitegang
Perbandingan kekuatan militer Iran dan AS. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Kekuatan militer Iran dan Amerika Serikat (AS) menarik untuk dibandingkan, mengingat kedua negara tersebut memang kerap bersitegang. Terbaru, Iran sempat mengancam AS jika tidak menerapkan gencatan senjata di Gaza.

Dikutip dari Reuters, Iran mengatakan bahwa Amerika Serikat akan "terpukul keras" jika Washington tidak menerapkan gencatan senjata di Gaza, kata Menteri Pertahanan negara itu.

Tidak hanya itu, terdapat pula ribuan pengunjuk rasa di Iran pada hari Sabtu melawan Amerika Serikat dan Israel dan mendukung warga Palestina di Jalur Gaza yang dilanda perang.

Setiap kali terjadi konflik antara Israel dan Palestina, persitegangan antara AS dan Iran memang kerap memuncak. Ini disebabkan oleh keputusan AS yang selalu condong ke Israel, sementara Iran adalah negara Arab garis keras yang mendukung Palestina.

Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan AS

1. Jumlah Personel


Dari total jumlah personel, AS yang memiliki penduduk lebih banyak pastinya punya personil militer yang lebih unggul ketimbang Iran.

Negeri Paman Sam diketahui memiliki 1,39 juta personil militer aktif. Sementara kekuatan nmiliter Iran hanya disokong oleh 575 ribu personel menurut laman Global Fire Power.

Dari segi dana yang dikeluarkan untuk militer sendiri AS bisa dibilang lebih banyak dengan lebih dari USD 761 miliar. Sementara Iran hanya mengeluarkan dana USD 5,5 miliar untuk pertahanannya.

2. Angkatan Udara


Untuk kekuatan Angkatan Udara, Amerika Serikat memiliki 1.914 pesawat tempur, jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di dunia menurut laman Global Fire Power. AS juga disokong oleh 983 helikopter serang di armada udara mereka.

Sementara Iran hanya memiliki sekitar 196 pesawat tempur dan 12 helikopter serang. Meski terlihat kecil jika dibandingkan dengan AS, jumlah tersebut sudah termasuk fantastis untuk negara Timur Tengah.

3. Angkatan Darat


Beralih ke angkatan darat, AS memiliki total 5.500 tank dan lebih dari 300 ribu kendaraan lapis baja. Mereka juga memiliki ribuan artileri dan sekitar 1,700 sistem rudal.

Sedangkan Iran memiliki total 4.07 tank dan lebih dari 69 ribu kendaraan lapis baja. Untuk artilerinya negeri Persia ini memiliki sekitar 2.500 unit, dan lebih dari seribu sistem rudal.

4. Angkatan Laut


Amerika Serikat disokong oleh kekuatan nangkatan laut yang mumpuni, dengan adanya 11 kapal induk, 68 kapal selam, 92 destroyer, dan 22 corvette.

Jumlah tersebut tentunya belum dapat disaingi oleh Iran yang hanya memiliki 19 kapal selam, dan 3 corvette.

Dari perbandingan tersebut sudah dapat dilihat jika Amerika Serikat memang lebih unggul dari Iran dari berbagai Aspek.

Meski begitu, Iran yang saat ini telah banyak mengembangkan berbagai senjata buatan lokal tentunya patut untuk dipertimbangkan kekuatannya di masa depan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)