Rusia Menarik Diri dari Perjanjian Angkatan Bersenjata Eropa

Selasa, 07 November 2023 - 14:58 WIB
loading...
Rusia Menarik Diri dari Perjanjian Angkatan Bersenjata Eropa
Rusia menarik diri dari perjanjian angkatan bersenjata Eropa yang diberlakukan saat Perang Dingin. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia secara resemi menarik diri dari perjanjian keamanan penting yang membatasi kategori-kategori utama angkatan bersenjata konvensional. Rusia menyalahkan Amerika Serikat (AS) karena merusak keamanan pasca Perang Dingin dengan perluasan aliansi militer NATO.

Perjanjian Angkatan Bersenjata Konvensional di Eropa (CFE) tahun 1990, yang ditandatangani setahun setelah runtuhnya Tembok Berlin, menetapkan batasan yang dapat diverifikasi pada kategori peralatan militer konvensional yang dapat digunakan oleh NATO dan Pakta Warsawa.

Perjanjian tersebut dirancang untuk mencegah kedua pihak yang terlibat dalam Perang Dingin mengumpulkan kekuatan untuk melakukan serangan cepat terhadap pihak lain di Eropa, namun tidak populer di Moskow karena mengurangi keunggulan Uni Soviet dalam persenjataan konvensional.

Rusia menangguhkan partisipasi dalam perjanjian tersebut pada tahun 2007 dan menghentikan partisipasi aktif pada tahun 2015. Lebih dari setahun setelah invasi besar-besaran ke Ukraina, Presiden Vladimir Putin pada bulan Mei menandatangani sebuah dekrit yang mengecam perjanjian tersebut.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Rusia secara resmi telah menarik diri dari perjanjian tersebut pada Selasa (7/11/2023) tengah malam dan perjanjian tersebut kini tinggal “sejarah.”



“Perjanjian CFE disepakati pada akhir Perang Dingin, ketika pembentukan arsitektur baru keamanan global dan Eropa berdasarkan kerja sama tampaknya mungkin dilakukan, dan upaya yang tepat telah dilakukan,” kata kementerian tersebut dalam pernyataannya seperti dikutip dari Al Arabiya.

Rusia mengatakan dorongan AS untuk memperluas keanggotaan NATO telah menyebabkan negara-negara aliansi secara terbuka menghindari pembatasan kelompok dalam perjanjian tersebut, dan menambahkan bahwa masuknya Finlandia ke dalam NATO serta pengajuan keanggotaan Swedia berarti perjanjian tersebut sudah tidak berlaku lagi.

“Bahkan pelestarian formal Perjanjian CFE menjadi tidak dapat diterima dari sudut pandang kepentingan keamanan mendasar Rusia,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia, sambil mencatat bahwa AS dan sekutunya tidak meratifikasi CFE yang diperbarui tahun 1999.

Perang di Ukraina telah memicu krisis terburuk dalam hubungan Moskow dengan Barat sejak Perang Dingin yang mendalam. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada akhir pekan bahwa hubungan dengan Amerika Serikat berada di bawah nol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)