8 Kelompok Militan di Dunia yang Dukung Palestina, 3 Bentuk Dukungannya

Senin, 06 November 2023 - 20:01 WIB
loading...
8 Kelompok Militan di Dunia yang Dukung Palestina, 3 Bentuk Dukungannya
Kataib Hizbullah adalah kelompok pejuang yang berbasis di Irak. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Konflik Israel-Palestina telah berlangsung selama puluhan tahun dan terus menjadi salah satu konflik paling panas di dunia.

Konflik ini telah menyebabkan korban jiwa yang tak terhitung jumlahnya dan kerugian materi yang sangat besar.

Dalam konflik ini, Israel didukung oleh sejumlah negara barat, seperti Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Prancis.

Sementara itu, Palestina didukung oleh sejumlah negara Arab dan Muslim, serta kelompok-kelompok pejuang di seluruh dunia.

Kelompok Militan Pendukung Palestina

1. Hizbullah


Hizbullah adalah kelompok pejuang Syiah yang berbasis di Lebanon. Hizbullah didirikan pada tahun 1982 sebagai gerakan perlawanan terhadap pendudukan Israel di Lebanon. Hizbullah juga sering kali melancarkan serangan terhadap Israel.

2. Front Pembebasan Islam (PLF)


PLF adalah kelompok pejuang Palestina yang berbasis di Lebanon. PLF didirikan pada tahun 1969 sebagai gerakan perlawanan terhadap pendudukan Israel di Palestina. PLF telah melancarkan sejumlah serangan bersenjata terhadap Israel.

3. Jund al-Aqsa


Jund al-Aqsa adalah kelompok pejuang yang berbasis di Suriah. Jund al-Aqsa telah menyatakan dukungannya kepada Palestina. Jund al-Aqsa telah melancarkan sejumlah serangan terhadap pasukan Israel di Suriah.

4. Harakat al-Nujaba


Harakat al-Nujaba adalah kelompok pejuang Islam yang berbasis di Irak. Harakat al-Nujaba telah menyatakan dukungannya kepada Palestina. Harakat al-Nujaba telah melancarkan sejumlah serangan terhadap pasukan Israel di Irak.

5. Kataib Hizbullah


Kataib Hizbullah adalah kelompok pejuang yang berbasis di Irak. Kataib Hizbullah telah menyatakan dukungannya kepada Palestina. Kataib Hizbullah telah melancarkan sejumlah serangan terhadap pasukan Israel di Irak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)