'Saya Ditarik dari Puing-puing, Tak Akan Ada Lagi yang Tersisa dari Gaza'

Senin, 06 November 2023 - 10:08 WIB
loading...
Saya Ditarik dari Puing-puing, Tak Akan Ada Lagi yang Tersisa dari Gaza
Alaa Zaher Ahmed (inset), mahasiswi kedokteran Universitas Islam di Gaza yang jadi korban pengeboman Israel. Foto/Newsweek/REUTERS
A A A
GAZA - Alaa Zaher Ahmed adalah mahasiswi kedokteran tahun ketiga di Universitas Islam di Gaza. Dia satu dari sedikit warga Palestina yang selamat dari pengeboman brutal militer Zionis Israel di wilayah itu.

Mahasiswi itu mengisahkan dukanya dalam sebuah tulisan yang memilukan. Dia selamat, tapi para anggota keluarganya meninggal terkubur puing-puing bangunan di Gaza.



Berikut cerita Alaa Zaher Ahmed yang dipublikasikan Newsweek.

Kepala saya berdenyut-denyut dan hidung saya dipenuhi aroma tajam bahan peledak. Paru-paru saya menghirup debu puing yang pahit saat kegelapan menyelimuti saya.

Hal terakhir yang saya ingat pada tanggal 10 Oktober adalah merancang poster berwarna merah muda untuk kampanye kesadaran kanker payudara di perguruan tinggi kedokteran saya, tempat saya menjadi mahasiswi tahun ketiga.

Tiba-tiba, sekitar pukul 16.00 sore, jendela mulai bergetar dan warna merah jambu berubah menjadi hitam.

Saya belum paham kalau pesawat perang Israel telah mengebom rumah saya di Khan Yunis. Yang saya tahu hanyalah kaki saya terjepit, darah mengalir di wajah saya, dan oksigen hampir tidak cukup untuk bernapas.

Saya mulai berteriak dan menggedor bongkahan beton di atas saya.

"Aku mendengar ketukan!" sebuah suara teredam memanggil. Sebuah lubang kecil di atas saya dibersihkan dan tangan-tangan menarik saya keluar dari reruntuhan. Memar dan tergores, dengan luka di kepala, tapi masih hidup.

Saya menghabiskan malam di rumah sakit berdoa agar ibu saya, saudara perempuan saya; Reem, saudara laki-laki; Bilal, dan putra Bilal yang berusia tiga tahun; Mohammed, juga selamat.

Personel pertahanan sipil datang sebentar, namun tim penyelamat, peralatan, dan bahan bakar sangat kekurangan, dan ada juga korban lain yang terjebak di bawah tumpukan reruntuhan. Para kerabat dengan putus asa terus menggali puing-puing dengan tangan kosong.

Dan kemudian, secercah harapan. Kerabat kami mendengar suara berisik dari bawah reruntuhan. Akhirnya, pada pukul 05.00 pagi, mereka mengeluarkan adik perempuan saya yang berusia 25 tahun; Reem, yang pingsan dan tidak sadarkan diri.

Setelah empat jam menggali, mereka menemukan mayat ibu, saudara laki-laki, dan keponakan saya.

Mama, yang mencium saya selamat tinggal setiap pagi saat saya berangkat ke universitas. Bilal, yang membantu saya menjelajahi dunia. Dan Mohammed kecil, yang senang pergi ke taman kanak-kanak, dan menggambar pagi itu juga, dia tidak pernah sempat menjelaskannya kepada kami dengan suaranya yang kecil dan terbata-bata.

Namun saya mengingatkan diri saya sendiri: Keluarga saya beruntung. Begitu banyak keluarga yang musnah seluruhnya. Yang lain tidak bisa menyelamatkan kerabat mereka dari reruntuhan.

Dalam waktu kurang dari tiga minggu, ribuan warga Palestina di Gaza telah terbunuh oleh bom Israel, banyak di antaranya adalah anak-anak, menurut kementerian kesehatan.

Masih banyak lagi yang diperkirakan tewas atau terjebak di bawah reruntuhan. Hampir separuh rumah di Jalur Gaza rusak atau hancur, kata Kementerian Perumahan Rakyat.

Saya menyaksikan dan menunggu ketika dunia gagal, sekali lagi, untuk melakukan intervensi.

Mengapa tidak ada seorang pun yang mengakhiri serangan kejam ini? Mengapa Pemerintahan Biden memberikan dukungannya terhadap hukuman kolektif brutal dan terang-terangan yang dilakukan Israel terhadap lebih dari 2 juta warga Palestina yang terjebak di Gaza, lebih dari setengahnya adalah anak-anak?

Saya tidur selama satu jam sebelum terbangun karena terkejut, entah karena kilas balik ke ledakan atau mimpi buruk yang nyata dari penembakan di dekatnya. Israel memutus akses terhadap makanan, listrik, dan air.

Beberapa hari yang lalu, di bawah tekanan komunitas internasional, 20 truk setiap hari yang membawa bantuan kemanusiaan memasuki Jalur Gaza yang terkepung; sedikit saja dari apa yang sangat dibutuhkan.

Kehidupan kami tergantung pada seutas benang ketika Israel membom kami; momok kematian menghantui kita tanpa henti.

Layanan seluler dan internet terputus. Saya akhirnya berhasil mendapatkan layanan dan melihat sekilas grup WhatsApp kelas saya, hanya untuk dihadapkan dengan berita kematian teman sekelas saya, bersama dengan keluarganya.

Saya mengirim dengan putus asa, "Apa kabar?" pesan ke keluarga dan teman, lega ketika seseorang menjawab "baik-baik saja". Saya memahami bahwa "baik-baik saja" tidak berarti mereka aman dan sehat, itu hanya berarti bahwa mereka masih hidup, setidaknya untuk saat ini.

Saya menelusuri video yang dikirim teman-teman dari Rimal Street, yang dulu ramai dengan orang-orang dan percakapan, kini terbaring dalam abu. Berita duka mengenai kehilangan semakin banyak datang. Putra sepupu saya. Profesor universitas saya dan keluarganya. Seluruh silsilah–hilang.

Militer Israel telah menyerang fasilitas layanan kesehatan, ambulans, dan sekolah-sekolah PBB. Pasien, dokter, jurnalis, dan pelajar semuanya menjadi pecahan di antara puing-puing.

Kita tumbuh bersama, dan sekarang kita mati bersama, lagi dan lagi.

Setelah ditarik dari reruntuhan, adik saya; Reem, tidak dapat berbicara selama tiga hari. Dia membutuhkan waktu seminggu untuk berjalan; dia masih terlihat pincang. Lengannya patah dan terbakar.

Dia membutuhkan perawatan namun rumah sakit kewalahan dan bahkan tidak mampu menangani kasus hidup dan mati.

Rumah Sakit Al-Shifa, yang terbesar di Gaza, memiliki kapasitas 700 orang namun mampu merawat 5.000 pasien, kata Médecins Sans Frontières, dengan kekurangan listrik dan pasokan medis.

Bahkan sebelum tanggal 7 Oktober, rumah sakit di Gaza kekurangan pasokan dasar dan peralatan medis. Warga Palestina hidup dalam kekurangan dan penderitaan karena 16 tahun pengepungan dan blokade laut Israel yang mencekik, yang oleh PBB dan kelompok hak asasi manusia dikutuk sebagai hal yang ilegal.

Kami trauma dengan pendudukan militer Israel yang brutal selama lebih dari setengah abad dan serangan militer yang berulang dan menghancurkan sejak tahun 2008.

Saya membantu saudara perempuan saya; Esraa, seorang dokter, merawat pasien di sekolah-sekolah PBB yang menampung ratusan ribu pengungsi. Saya ingin membawa kesembuhan bagi semua yang menderita.

Tapi bagaimana saya akan melanjutkan studi saya ketika Israel membom universitas saya dan membunuh profesor saya? Di mana saya akan melakukan praktik kedokteran jika rumah sakit kita hancur, dokter terbunuh, dan sistem medis kita hancur?

Jika dunia tidak segera mengambil tindakan, maka tidak akan ada yang tersisa. Memang benar, tidak akan ada lagi yang tersisa dari Gaza.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)