Ketegangan Meningkat, Hizbullah Gempur Israel dengan Roket Volcano

Minggu, 05 November 2023 - 10:41 WIB
loading...
Ketegangan Meningkat, Hizbullah Gempur Israel dengan Roket Volcano
Asap hitam mengepul akibat serangan udara Israel di pinggiran desa perbatasan Lebanon. Foto/US Daily Express
A A A
BEIRUT - Kelompok militan Hizbullah melancarkan serangan rudal terhadap Israel pada Sabtu menggunakan roket yang dijuluki “Volcano,” ketika ketegangan terus meningkat di sepanjang perbatasan utara negara itu dengan Lebanon.

Associated Press melaporkan Israel telah melancarkan serangan udara di sepanjang perbatasan Lebanon, sementara Hizbullah melakukan beberapa serangan sendiri terhadap situs militer Israel. Menurut AP, salah satu situs Israel, yang dikenal di Lebanon sebagai Jal al-Allam, dihantam oleh dua rudal besar Burkan.

Diterjemahkan sebagai Volcano atau gunung berapi dalam bahasa Arab, rudal Burkan memiliki jangkauan operasional 500-2.000 meter dan dilengkapi dengan hulu ledak besar yang beratnya bisa mencapai ratusan kilogram seperti dikutip dari Newsweek, Minggu (5/11/2023).

Video yang dimaksudkan untuk menunjukkan salah satu serangan rudal pada hari Sabtu mulai beredar melalui liputan berita lokal dan media sosial. Salah satu klip penting yang diposting ke X, sebelumnya Twitter, menunjukkan serangan yang mengakibatkan ledakan besar dan disertai kepulan asap, masih diperdebatkan, dengan laporan awal mengklaim bahwa itu adalah serangan Hizbullah, sementara yang lain mengklaim bahwa itu adalah serangan Israel. Newsweek tidak dapat memverifikasi klaim ini secara independen.



Ketika dimintai komentar oleh Newsweek, kantor pers Pasukan Pertahanan Israel (IDF) hanya mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki situasi tersebut. Newsweek juga menghubungi unit hubungan media Hizbullah melalui email untuk memberikan komentar.

Ketegangan yang meningkat ini terjadi di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dengan kelompok militan, Hamas, di Gaza, menyusul serangan kekerasan yang dilakukan pada tanggal 7 Oktober yang menewaskan 1.400 warga Israel.

AP melaporkan bahwa, dalam serangan balik Israel, lebih dari 9.000 warga Palestina di wilayah Gaza juga terbunuh. Hamas dan Hizbullah, khususnya, dianggap sebagai sekutu, dan keduanya ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat (AS).

Sehari sebelum serangan di Burkan, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengklaim bahwa kelompok tersebut terlibat dalam konflik yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Israel di sepanjang perbatasannya dengan Lebanon, dan bahwa mereka siap untuk meningkatkan konflik lebih lanjut "kapan saja".

Pada hari Jumat, Nasrallah membuat penampilan siaran pertamanya sejak dimulainya kembali konflik antara Israel dan Hamas, dengan menyampaikan pidato yang memperingatkan AS tentang upayanya untuk mencegah konflik yang lebih luas di wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)