Rusia: AS Persiapkan Lokasi Uji Coba Nuklir di Nevada

Minggu, 05 November 2023 - 00:50 WIB
loading...
Rusia: AS Persiapkan Lokasi Uji Coba Nuklir di Nevada
Pemerintah Rusia menuduh Amerika Serikat sedang mempersiapkan lokasi uji coba nuklir di Nevada. Foto/Atomic Archive
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia menuduh Amerika Serikat (AS) sedang mempersiapkan lokasi uji coba nuklir di Nevada.

Moskow memperingatkan Washington untuk tidak melanjutkan uji coba nuklir skala penuh setelah Presiden Vladimir Putin menarik ratifikasi Perjanjian Larangan Uji Coba Komprehensif (CTBT) Rusia untuk memulihkan keseimbangan.

“Amerika Serikat harus memahami bahwa melakukan uji coba skala penuh, yang dilaporkan telah dipersiapkan oleh infrastruktur di Nevada, akan memaksa kami untuk merespons dengan cara yang sama,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari RT, Sabtu (4/11/2023).

Bulan lalu, Administrasi Keamanan Nuklir Nasional (NNSA) Departemen Energi AS melakukan peledakan bawah tanah di sebuah lokasi di barat laut Las Vegas dengan tujuan meningkatkan deteksi uji coba bahan peledak nuklir bawah tanah. “Ledakan tersebut melibatkan bahan kimia dengan bahan peledak tinggi dan pelacak radio,” kata NNSA.



Pada hari Kamis, Moskow secara resmi menarik ratifikasi CTBT, dengan menyatakan bahwa Kongres AS telah menghindari ratifikasi perjanjian tahun 1996 selama lebih dari 25 tahun dengan dalih yang tidak masuk akal.

“Hal ini tidak bisa berlangsung selamanya,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia. “Dalam kondisi ketika Amerika Serikat melakukan tindakan yang sangat bermusuhan terhadap negara kami, mempertahankan ketidakseimbangan dalam pendekatan CTBT yang telah berkembang antara Moskow dan Washington ternyata tidak mungkin lagi.”

AS belum pernah melakukan uji coba nuklir langsung sejak tahun 1992. Rusia secara terbuka mengatakan pihaknya tidak akan melanjutkan uji coba nuklir terlebih dahulu namun akan merespons jika AS memaksakan kehendaknya.

Namun, Pentagon baru-baru ini mengumumkan rencana untuk mengembangkan bom gravitasi B61 versi berdaya hasil tinggi, sementara badan penasihat Kongres mendesak perluasan persenjataan nuklir AS secara besar-besaran, berapa pun biayanya.

Awal pekan ini, Angkatan Udara AS menghancurkan rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III yang tidak berhulu ledak selama pengujian yang gagal, setelah menemukan “anomali” yang tidak ditentukan dan perlu diselidiki.

Itu adalah tes kedua sejak awal September. AS berencana mengganti rudal-rudal tua tersebut dengan desain baru, yang diperkirakan akan siap pada tahun 2030-an.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)