3 Negara Tetangga Indonesia yang Jadi Pendukung Setia Israel, Salah Satunya Bukan dari Asia Tenggara

Jum'at, 03 November 2023 - 15:30 WIB
loading...
A A A
Tidak hanya itu, Australia juga memberikan perlakuan khusus pada Israel dengan cara memberikan kebebasan dan perlindungan pada orang Yahudi di Australia agar tidak menghadapi konsekuensi hukum atas pelanggaran HAM.

3. Myanmar


Dalam sebuah tulisan yang diunggah Tablet Magazine, disebutkan bahwa rekan pertama Israel di Asia bukanlah China, melainkan Burma atau Myanmar.

Sejak awal, Israel dan Burma memiliki banyak kesamaan. Kedua negara memperoleh kemerdekaan pada tahun 1948 setelah pemerintahan Inggris, dan bagi keduanya, kemerdekaan itu telah menciptakan banyak perselisihan.

Eratnya persahabatan kedua negara ini dimulai setelah Myanmar memilih untuk menerima Israel ke dalam PBB pada akhir tahun 1949.

Tidak hanya Myanmar yang punya jasa terhadap Israel, negara Yahudi itu juga seakan menutup mata ketika di Myanmar terjadi isu kemanusiaan terhadap minoritas Muslim Rohingya.

Bahkan disebutkan jika Israel adalah negara yang mengizinkan perusahaan senjatanya untuk menjual senjata kepada militer Myanmar. Hal itu disebut-sebut berkaitan dengan pembantaian yang terjadi.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)