alexa snippet

Heboh, Buku Sejarah Saudi Tampilkan Raja Faisal di Samping Yoda

Heboh, Buku Sejarah Saudi Tampilkan Raja Faisal di Samping Yoda
Gambar almarhum Raja Faisal meneken piagam PBB di samping Yoda, tokoh di film Star Wars. Gambar itu memicu kehebohan karena muncul di buku sejarah Arab Saudi. Foto/Abdullah al-Shehri
A+ A-
RIYADH - Sebuah buku teks sejarah di Arab Saudi memicu kehebohan publik lantaran menampilkan foto Raja Faisal bin Abdulaziz al-Saud berada di samping Yoda (tokoh fiksi di film Star Wars) ketika menandatangani piagam PBB. Buku itu akhirnya ditarik dari lembaga pendidikan.

Gambar dalam buku sejarah itu seharusnya menggambarkan momen penting Raja Faisal ketika masih hidup. Namun, editor buku menampilkan Yoda bertengger di samping Raja Faisal.

”Kementerian Pendidikan menyesalkan kesalahan yang tidak disengaja,” kata Menteri Pendidikan Arab Saudi Ahmed al-Eissa.

”Kementerian telah mulai mencetak salinan yang dikoreksi dan menarik versi sebelumnya, dan telah membentuk komite hukum untuk menentukan sumber kesalahan tersebut guna mengambil tindakan yang tepat,” lanjut al-Eissa, seperti dikutip The Telegraph, Sabtu (23/9/2017).

Foto hitam-putih Raja Faisal dan Yoda adalah karya seorang seniman Saudi berusia 26 tahun bernama Abdullah al-Shehri. ”Sayalah yang merancangnya, tapi bukan saya yang memasukkannya ke dalam buku ini,” katanya kepada New York Times.

Al-Shehri dikenal dengan nama panggilan Shaweesh. Gambar karyanya adalah bagian dari rangkaian gambar yang menunjukkan karakter film yang secara diam-diam ditambahkan pada foto-foto momen besar dalam sejarah Arab.

Salah satu gambar karyanya menunjukkan Darth Vader berdiri di belakang Lawrence of Arabia dan Raja Irak pada konferensi perdamaian Paris pada tahun 1919, yang memecah sebagian besar Timur Tengah.

Gambar lain menunjukkan seorang pria muda Arab lainnya menunduk menatap Captain America dari belakang sebuah truk.

Al-Shehri mengatakan bahwa dia memasangkan Raja Faisal dan Yoda karena keduanya cerdas. Menurutnya, warna kulit Yoda dan warna bendera Saudi memiliki kesamaan, yakni hijau.

”Dia bijak dan selalu kuat dalam pidatonya,” kata Shehri mengacu pada sosok Raja Faisal. ”Jadi saya menemukan bahwa Yoda adalah karakter terdekat dengan raja. Dan juga Yoda dan pedangnya yang terang, semuanya hijau.”

Dia baru menyadari bahwa gambar karyanya dimasukkan di buku teks sejarah Saudi. Dia tahu setelah seorang guru mengirim sms kepadanya terkait buku itu. ”Saya sama sekali tidak menyinggung raja,” katanya.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top