Amuk Badai Maria Tenggelamkan Puerto Rico dalam Kegelapan

Kamis, 21 September 2017 - 10:27 WIB
Amuk Badai Maria Tenggelamkan Puerto Rico dalam Kegelapan
Amuk Badai Maria Tenggelamkan Puerto Rico dalam Kegelapan
A A A
SAN JUAN - Badai Maria terus bergerak ke wilayah Amerika Serikat (AS) dengan membawa kehancuran. Badai Maria badai terkuat yang menghantam Puerto Rico dalam hampir 90 tahun, memicu terjadinya banjir parah dan membawa kegelapan dimana korban tewas akibat badai di Karibia ini naik menjadi 10.

Maria, badai besar kedua yang mengamuk di wilayah Karibia bulan ini, kekuatannya melemah saat tiba di Puerto Rico dan diproyeksikan akan melewati utara Republik Dominika. Demikian pernyataan Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (AS), NHC, yang berpusat di Miami.

Beberapa jam sebelumnya, Maria memukul St Croix, Kepulauan Virgin AS yang terbesar dan paling selatan, sebagai topan Kategori 5 yang langka pada skala Saffir-Simpson lima langkah, menyebabkan kerusakan berat yang meluas.

Bergerak ke Puerto Riko berubah menjadi badai kategori 4, dengan angin yang bertahan hingga 155 mil per jam (250 km per jam). Maria merobek atap dari bangunan dan mengubah jalan raya menjadi sungai-sungai yang sarat dengan arus yang menghancurkan karena memotong secara diagonal, berlayar melintasi pulau.

Gubernur pulau itu, Ricardo Rossello, mengatakan bahwa satu-satunya korban adalah seorang pria yang terhantam sepotong kayu yang terhempas angin kencang.

Jalan-jalan di Kota Tua bersejarah Puerto Riko di ibu kota, San Juan, penuh dengan balkon yang hancur, unit pendingin udara, tiang lampu yang hancur, saluran listrik yang roboh dan burung yang mati. Beberapa pohon selamat masih tetap berdiri. Sebagian besar cabang-cabang pohon yang tebal patah dan yang lainnya tercerabut.

"Ini bukan bencana besar," kata Rossello dalam sebuah wawancara CNN, menambahkan mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan agar listrik pulau itu pulih sepenuhnya. Sebelumnya dia memberlakukan jam malam untuk pulau itu seperti dikutip dari Reuters, Kamis (21/9/2017).

The Hurricane Center melaporkan banjir bandang yang dahsyat di beberapa bagian pulau, dan gambar berita menunjukkan keseluruhan blok berada di bawah air di wilayah ibukota.

"Ketika kita bisa keluar, kita akan menemukan pulau kita hancur. Ini adalah sistem yang telah menghancurkan segalanya di jalannya," kata Abner Gomez, direktur badan manajemen darurat pulau tersebut, seperti dikutip oleh surat kabar El Nuevo Dia.

"Hampir seluruh pulau dibiarkan tanpa listrik saat malam turun," kata Pedro Cerame, juru bicara gubernur.

Jam 8 malam waktu setempat, pusat badai Maria beranjak dari Puerto Riko dan terletak 55 mil (90 km) dari ujung timur Republik Dominika, NHC mengatakan.

Seperti tipikal badai yang melewati daerah berbukit atau bergunung-gunung, Maria berkurang kekuatannya saat melintasi Puerto Riko, dengan kecepatan angin turun menjadi 110 mph (175 kph), meskipun NHC mengatakan bahwa badai tersebut kemungkinan akan mendapatkan kembali kekuatannya dalam satu atau dua hari berikutnya.

Maria diperkirakan akan menyusuri pantai timur laut Republik Dominika pada Rabu malam dan Kamis sebelum mendekati Kepulauan Turks dan Caicos serta Bahama tenggara pada hari Kamis malam dan Jumat, kata NHC. Sejauh ini, tampaknya tidak mungkin mengancam daratan AS.

Curah hujan terkait badai diperkirakan berkisar antara 20 sampai 25 inci (50 sampai 65 cm) di sebagian besar Puerto Riko sampai Jumat, menurut NHC.

Maria diklasifikasikan sebagai badai Kategori 5 ketika badai tersebut menabrak negara kepulauan Karibia timur Dominika pada hari Senin malam dengan kekuatan yang menghancurkan, menewaskan sedikitnya tujuh orang di sana. Dua orang lain meninggal di wilayah Guadeloupe di Prancis sebelum Maria menghantam St Croix.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3131 seconds (0.1#10.140)