Ketika Para Jurnalis Jadi Korban Keganasan Serangan Israel di Gaza

Kamis, 02 November 2023 - 14:55 WIB
loading...
Ketika Para Jurnalis Jadi Korban Keganasan Serangan Israel di Gaza
Puluhan jurnalis dan pekerja media telah tewas akibat serangan Israel di Gaza. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Sejak perang besar melawan Hamas pecah 7 Oktober lalu, banyak jurnalis telah menjadi korban keganasan serangan militer Zionis Israel di Gaza, Palestina.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan kepada Reuters dan AFP bahwa mereka tidak dapat menjamin keselamatan para jurnalis yang beroperasi di Gaza meski kedua kantor berita itu mencari jaminan bahwa jurnalis mereka tidak akan menjadi sasaran serangan militer Zionis.

“IDF menargetkan seluruh aktivitas militer Hamas di seluruh Gaza,” kata IDF dalam sebuah surat, yang dikutip dari Reuters, Kamis (2/11/2023).

Menurut IDF, Hamas secara sengaja menempatkan operasi militer mereka di dekat jurnalis dan warga sipil.

“Kami tidak dapat menjamin keselamatan karyawan Anda dan sangat mendesak Anda untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan, serta langkah-langkah untuk keselamatan mereka,” kata IDF.

Keberadaan jurnalis di Gaza memiliki risiko yang sangat tinggi ketika mereka mencoba meliput setiap serangan yang dilakukan Israel dari udara dan darat di tengah gangguan komunikasi, serta pemadaman listrik yang luas.

Dikutip dari situs CPJ, terhitunghingga1 November, terdapat 33 jurnalis dan pekerja media dipastikan tewas.

Sementara itu, 8 jurnalis lainnya dilaporkan terluka dan 9 lainnya dilaporkan hilang atau ditahan.

“CPJ menekankan bahwa jurnalis adalah warga sipil yang melakukan pekerjaan penting selama masa krisis dan tidak boleh menjadi sasaran pihak-pihak yang bertikai,” kata Sherif Mansour, Koordinator Program CPJ di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Menurut Mansour, jurnalis telah melakukan pengorbanan besar untuk meliput konflik yang memilukan.

Masyarakat Gaza juga telah menanggung kerugian yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menghadapi ancaman yang sangat besar.

MG/Maulana Muhammad Rizqi
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)