4 Negara yang Mengusir Dubes Israel karena Membela Palestina, Salah Satunya Negara Islam

Kamis, 02 November 2023 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Pada hari Selasa, Menteri Kepresidenan Bolivia Maria Nela Prada mengumumkan berita tersebut, menekankan bahwa keputusan tersebut diambil setelah pertemuan hari Senin dengan duta besar Palestina untuk negara Amerika Selatan.

Bolivia telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel antara tahun 2009 dan 2020, juga karena tindakan militernya di Jalur Gaza, yang telah menewaskan ribuan orang. Israel mengatakan tindakannya adalah untuk membela diri dan ditujukan pada kelompok militan Palestina Hamas, yang menguasai Jalur Gaza.

Israel menanggapi keputusan Bolivia dengan mengklaim bahwa pengumuman ini mencerminkan “dukungan negara tersebut terhadap terorisme.”

“Dengan mengambil langkah ini, pemerintah Bolivia bersekutu dengan organisasi teroris Hamas,” kata Kementerian Luar Negeri Israel dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa hubungan antara kedua pemerintah “tidak ada isinya” sejak pergantian pemerintahan terbaru di Bolivia.

Agresi Israel yang menargetkan warga sipil di Gaza yang berpenduduk padat, sering disebut sebagai “penjara terbuka,” memicu kegemparan internasional di tengah tidak adanya tindakan untuk menekan Israel agar menyetujui gencatan senjata.

2. Kolombia

4 Negara yang Mengusir Dubes Israel karena Membela Palestina, Salah Satunya Negara Islam

Foto/Reuters

Presiden Kolombia Gustavo Petro dan Presiden Chile Gabriel Boric telah mengumumkan keputusan negara mereka untuk memanggil kembali utusan mereka ke Israel untuk berkonsultasi.

Presiden Kolombia Gustavo Petro juga mengatakan hal serupa, “Saya telah memutuskan untuk memanggil kembali duta besar kami untuk Israel untuk berkonsultasi. Jika Israel tidak menghentikan pembantaian rakyat Palestina, kita tidak bisa berada di sana.”

Para pemimpin sayap kiri kedua negara Amerika Latin telah beberapa kali mengkritik tanggapan Israel terhadap serangan Hamas dalam beberapa pekan terakhir, yang menyebabkan kemerosotan tajam dalam hubungan bilateral. Pada tanggal 8 Oktober, Petro mengecam taktik “neo-Nazi” Israel di Jalur Gaza, yang memicu kritik dari duta besar Israel untuk Bogota.

3. Chile

“Dengan adanya pelanggaran hukum humaniter internasional yang tidak dapat diterima yang dilakukan Israel di Jalur Gaza, kami sebagai pemerintah Chile memutuskan untuk mengunjungi Santiago untuk berkonsultasi dengan duta besar kami di Israel, Jorge Carvajal,” tulis Presiden Chile Gabriel Boric Font dalam sebuah pernyataan di X.

4. Yordania

4 Negara yang Mengusir Dubes Israel karena Membela Palestina, Salah Satunya Negara Islam

Foto/Reuters

Yordania pada Rabu juga mengatakan pihaknya menarik duta besarnya untuk Israel. “Kembalinya duta besar akan dikaitkan dengan penghentian perang Israel di Gaza dan mengakhiri bencana kemanusiaan yang disebabkan oleh tindakan Israel yang merampas hak rakyat Palestina atas makanan, air, obat-obatan, dan hak mereka untuk hidup… di tanah mereka,” Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi mengatakan dalam sebuah pernyataan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)