Surati 20 Negara, Senator AS Ingin Korut Ditendang dari PBB

Selasa, 19 September 2017 - 09:31 WIB
Surati 20 Negara, Senator AS Ingin Korut Ditendang dari PBB
Surati 20 Negara, Senator AS Ingin Korut Ditendang dari PBB
A A A
WASHINGTON - Ketua subkomite Senat Asia Timur Amerika Serikat (AS) meminta China dan 20 negara lainnya untuk menekan Korea Utara (Korut). Ia meminta China dan 20 negara lainnya untuk memotong hubungan, menutup fasilitas diplomatik dan mengusir negara tersebut dari PBB.

Korut telah berulang kali menentang resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB untuk melakukan uji coba rudal nuklir dan balistik. Washington telah berjuang untuk mendapatkan tanggapan yang efektif.

Banyak rekan Presiden Donald Trump sesama Republikan telah menyerukan tindakan yang lebih keras, yang diberlakukan lebih cepat. Termasuk meminta sanksi "sekunder" yang lebih keras dan hukuman lainnya bagi perusahaan, bank dan negara yang melakukan bisnis dengan Korut.

Dalam sebuah surat yang dikirimkan ke duta besar China dan 20 negara lainnya, Senator Republik Cory Gardner, ketua subkomite, meminta agar negara-negara segera mengakhiri hubungan diplomatik dan ekonomi dengan Pyongyang.

"Mempertahankan hubungan diplomatik resmi dengan rezim yang terus menentang hukum internasional dan mengancam negara-negara di seluruh dunia hanya berfungsi untuk menghargai perilaku jahat," tulis Gardner seperti dilansir dari Reuters, Selasa (19/9/2017).

"Selain memotong hubungan bilateral, saya mendesak pemerintah Anda untuk mendukung pengunduran diri DPRK dari Perserikatan Bangsa-Bangsa," kata surat tersebut.

Gardner baru-baru ini memperkenalkan undang-undang yang akan memberlakukan embargo ekonomi AS terhadap entitas yang melakukan bisnis dengan Korut.

Surat Gardner akan dikirim ke duta besar China, Brazil, Inggris, Bulgaria, Kamboja, Kuba, Republik Cheska, Mesir, Jerman, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Mongolia, Nigeria, Pakistan, Polandia, Rumania, Rusia, Swedia dan Vietnam.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5608 seconds (0.1#10.140)