Frustrasi Diblokade dan Diinvasi Israel, Ribuan Warga Gaza Serbu Bantuan PBB

Senin, 30 Oktober 2023 - 15:45 WIB
loading...
Frustrasi Diblokade dan Diinvasi Israel, Ribuan Warga Gaza Serbu Bantuan PBB
Ribuan warga Palestina di Gaza menyerbu bantuan PBB setelah frustrasi diblokade dan diinvasi militer Israel. Foto/X @BNNBreaking
A A A
GAZA - Ribuan warga Palestina di Gaza menyerbu gudang-gudang bantuan PBB pada Minggu (29/10/2023). Mereka berebut bantuan setelah menderita akibat blokade dan serangan militer Isreael.

Mengutip situs resmi PBB, ribuan warga Palestina ramai-ramai mengambil tepung terigu, perlengkapan kebersihan, dan barang-barang kebutuhan pokok lainnya untuk bertahan hidup.

UNRWA; badan PBB untuk pengungsi Palestina, dan WFP; badan Program Pangan Dunia, serta organisasi kemanusiaan lainnya melaporkan penyerbuan terhadap gudang-gudang bantuan terjadi setelah terputusnya akses dan komunikasi selama 24 jam di Gaza.

Menurut WFP, sebuah gudang bantuan berisi 80 ton komoditas makanan campuran, terutama makanan kaleng, tepung terigu, dan minyak bunga matahari. Bantuan itu telah disimpan sebelum akhirnya didistribusikan kepada para pengungsi.

“Ini adalah tanda yang mengkhawatirkan bahwa ketertiban sipil mulai rusak setelah tiga minggu perang dan pengepungan ketat di Gaza,” kata Direktur UNRWAThomas White di Gaza.

“Orang-orang takut, frustrasi, dan putus asa,” ujar White.

“Mereka merasa sendirian, terputus dari keluarga mereka di Gaza dan seluruh dunia,” imbuh White, mengacu pada ketakutan warga Palestina yang diperparah dengan terputusnya jalur komunikasi telepon dan internet.

White menambahkan bahwa persediaan di pasar hampir habis, sementara bantuan kemanusiaan yang masuk ke Jalur Gaza dengan truk dari Mesir tidak mencukupi.

“Kebutuhan masyarakat sangat besar, tetapi bantuan yang diterima sangat sedikit dan tidak konsisten,” kata White.

Menurut White, sangat sedikit truk yang bisa masuk ke Gaza. Itu diperparah oleh proses yang lambat, pemeriksaan yang ketat, pasokan yang tidak sesuai dengan persyaratan, dan sebagian besar larangan yang diberlakukan militer Israel, seperti bantuan bahan bakar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)