Hamas Memyambut Invasi Darat Israel ke Gaza Tahap 3

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 14:33 WIB
loading...
Hamas Memyambut Invasi Darat Israel ke Gaza Tahap 3
Tentara Israel meluncurkan invasi darat tahap ketiga. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Juru bicara militer Israel Mayor Nir Dinar mengatakan pasukan negaranya melanjutkan operasi darat mereka di Jalur Gaza. Itu setelah dua tahap sebelumnya, pasukan pertahanan Israel (IDF) mengalami kegagalan.

Dinar mengatakan kepada kantor berita AFP: “Pasukan kami beroperasi di Gaza seperti yang mereka lakukan kemarin.”

Hal sama diungkapkan juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari. Dia mengatakan pasukan darat “memperluas aktivitas mereka” pada Jumat malam di Gaza dan “bertindak dengan kekuatan besar… untuk mencapai tujuan perang.”

Israel mengatakan serangannya menyasar para pejuang dan infrastruktur Hamas dan bahwa para pejuang tersebut beroperasi dari kalangan warga sipil, sehingga menempatkan mereka dalam bahaya.



Pusat media Hamas melaporkan bentrokan hebat pada malam hari dengan pasukan Israel di beberapa tempat, termasuk apa yang disebutnya sebagai serangan Israel di timur kamp pengungsi Bureij di Jalur Gaza tengah.

Ketika ditanya tentang laporan tersebut, militer Israel pada Sabtu pagi kembali menegaskan bahwa mereka telah melakukan serangan yang ditargetkan dan memperluas serangan dengan tujuan “mempersiapkan landasan untuk tahap operasi di masa depan.”

Israel telah mengumpulkan ratusan ribu tentara di sepanjang perbatasan menjelang serangan darat yang diperkirakan akan dilakukan. Sebelumnya pada hari Jumat, militer mengatakan pasukan darat melakukan serangan kedua mereka selama satu jam di Gaza dalam beberapa hari, menyerang puluhan sasaran militan selama 24 jam terakhir.

Korban tewas warga Palestina di Gaza telah melonjak melewati 7.300 orang, lebih dari 60% di antaranya adalah anak di bawah umur dan perempuan, menurut Kementerian Kesehatan di wilayah tersebut. Blokade di Gaza berarti berkurangnya pasokan, dan PBB memperingatkan bahwa operasi bantuan yang membantu ratusan ribu orang “hancur” di tengah hampir habisnya bahan bakar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)