Deretan Jet Tempur Andalan Australia, Mumpuni di Saat Perang dan Damai

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 16:35 WIB
loading...
Deretan Jet Tempur Andalan Australia, Mumpuni di Saat Perang dan Damai
EA-18G Growler adalah jet tempur untuk perang elektronik andalan Australia. Foto/wikipedia
A A A
CANBERRA - Angkatan Udara Australia (RAAF) merupakan salah satu angkatan udara terbesar di dunia, dengan kekuatan yang terdiri dari berbagai jenis pesawat tempur, pesawat angkut, dan pesawat pendukung lainnya.

Di antara berbagai jenis pesawat tempur yang dimiliki RAAF, terdapat beberapa jet tempur yang menjadi andalan Negeri Kanguru itu, yaitu:

1. F-35A Lightning II


F-35A Lightning II adalah jet tempur siluman generasi kelima yang merupakan andalan RAAF. Jet tempur ini memiliki kemampuan tempur yang sangat mumpuni, termasuk kemampuan melakukan serangan udara-ke-udara, udara-ke-darat, dan udara-ke-permukaan.

Deretan Jet Tempur Andalan Australia, Mumpuni di Saat Perang dan Damai


Australia memesan 72 unit F-35A Lightning II pada Amerika Serikat (AS), dan pengirimannya sudah dimulai pada tahun 2022.

Pada bulan Oktober 2023, Australia telah menerima 33 unit F-35A, dan semua unit tersebut telah dikerahkan ke Skuadron 32 dan Skuadron 75 RAAF.

Kehadiran F-35A di Australia akan memperkuat pertahanan udara Australia, dan meningkatkan kemampuan Australia untuk melakukan operasi militer di berbagai wilayah.

Spesifikasi F-35A Lightning II:

Panjang: 15,4 meter.

Lebar: 10,7 meter.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)