Meliput Konflik Palestina-Israel, Jurnalis BBC Menangis dan Ambil Cuti

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 05:36 WIB
loading...
Meliput Konflik Palestina-Israel, Jurnalis BBC Menangis dan Ambil Cuti
BBC dituduh oleh para jurnalisnya terlalu toleran terhadap Israel dan tidak manusiawi terhadap warga sipil Palestina. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Staf kantor berita yang berbasis di Inggris , BBC, diduga dibiarkan menangis di kamar mandi dan mengambil cuti setelah meliput konflik antara Palestina dan Israel .

Menurut laporan surat kabar The Times, BBC dituduh oleh para jurnalisnya "terlalu toleran" terhadap Israel dan "tidak manusiawi" terhadap warga sipil Palestina.

Kekhawatiran dilaporkan disampaikan kepada para pemimpin editorial senior dalam sebuah pertemuan awal pekan ini dan sebuah email tentang kebijakan BBC yang "memperlakukan nyawa orang Israel lebih berharga daripada nyawa orang Palestina" dikirim ke Direktur Jenderal Tim Davie.

BBC telah mengadakan pertemuan dengan staf dari komunitas Yahudi, Palestina dan Arab untuk mendengarkan keprihatinan mereka. The Times melaporkan pada hari Rabu bahwa salah satu orang dalam mengatakan hal itu berisiko "mengikat dirinya sendiri."



“Apa yang dilakukan Hamas sangatlah keji dan tidak seorangpun yang memaafkan tindakan mereka, namun banyak orang yang berada di gedung tersebut merasa bahwa kami tidak memberikan liputan yang tepat,” kata sumber tersebut seperti dikutip dari Anadolu, Jumat (27/10/2023).

"Staf menangis di toilet dan pekerja lepas mengorbankan pendapatan dengan tidak masuk kerja karena kesusahan yang ditimbulkan. Banyak orang merasa sangat terganggu," menurut The Times.

Koresponden BBC yang berbasis di Beirut, Rami Ruhayem, mengatakan dia mempunyai "kekhawatiran yang sangat besar" terhadap liputan tersebut.

“Kata-kata seperti 'pembantaian', 'pembantaian' dan 'kekejaman' sering digunakan untuk merujuk pada tindakan Hamas, namun hampir tidak, jika tidak sama sekali, digunakan untuk merujuk pada tindakan Israel. Bukankah hal ini menimbulkan pertanyaan tentang kemungkinan keterlibatan Hamas dalam hal ini? BBC dalam hasutan, dehumanisasi dan propaganda perang," katanya dalam email kepada Davie yang dibagikan kepada jurnalis internasional BBC News.

Perkembangan ini terjadi ketika BBC dikritik oleh politisi Israel karena tidak menggunakan istilah “teroris” dalam mendefinisikan Hamas, sementara kelompok pro-Palestina menyalahkan liputan saluran tersebut mengenai Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)