Resolusi AS dan Rusia Terkait Krisis Jalur Gaza Gagal di DK PBB

Kamis, 26 Oktober 2023 - 04:52 WIB
loading...
Resolusi AS dan Rusia Terkait Krisis Jalur Gaza Gagal di DK PBB
Resolusi AS dan Rusia terkait krisis Jalur Gaza gagal di DK PBB. Foto/Ilustrasi
A A A
NEW YORK - Dua rancangan resolusi yang diusulkan secara terpisah oleh Amerika Serikat (AS) dan Rusia mengenai konflik Israel-Palestina yang sedang berlangsung gagal disahkan pada hari Rabu di Dewan Keamanan PBB (DK PBB).

Para anggota dewan tersebut pertama kali memberikan suara untuk rancangan resolusi AS, yang menuntut jeda kemanusiaan di Gaza, mengutuk serangan kelompok Palestina Hamas di Israel pada 7 Oktober dan menyerukan pembebasan segera dan tanpa syarat semua sandera yang tersisa yang ditahan oleh Hamas.

Resolusi tersebut mendapat 10 suara mendukung, sementara Rusia, China dan Uni Emirat Arab memberikan suara menentangnya.

Utusan AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan AS sangat kecewa karena Rusia dan China memveto resolusi tersebut.



"Resolusi AS kuat dan seimbang, dan itu adalah hasil konsultasi dengan anggota Dewan ini. Kami mendengarkan Anda semua. Kami memasukkan masukan,” ujarnya seperti dikutip dari Anadolu, Kamis (26/10/2023).

Dia juga mendesak negara-negara anggota untuk tidak mendorong perilaku sinis dan tidak bertanggung jawab Rusia dengan memberikan suara untuk rancangan resolusi tersebut, yang diajukan pada menit-menit terakhir.

Sedangkan rancangan resolusi Rusia, yang menuntut gencatan senjata kemanusiaan, juga ditolak di Dewan Keamanan setelah gagal mendapatkan suara yang cukup.

Resolusi itu memperoleh empat suara mendukung, dua suara menentang, dan sembilan suara abstain. AS dan Inggris memberikan suara menentang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)